Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban KA Malabar Sempat Satu Jam Telantar Menunggu Pertolongan

Kompas.com - 05/04/2014, 06:40 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Ratusan penumpang dan kru Kereta Api Malabar yang mengalami kecelakaan di Kampung Terung, Desa Mekarsari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (4/4/2014) malam, sempat telantar selama hampir satu jam. Jauhnya lokasi kecelakaan dari perkampungan membuat para korban tak segera mendapatkan pertolongan.

"Kami sempat telantar selama satu jam. Korban dengan luka parah sempat ditolong oleh sesama penumpang. Baru setelah itu ada warga yang berdatangan membantu menolong," kata salah satu penumpang kereta itu, Rita Afrita, kepada Kompas.com di Stasiun Cirahayu, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (5/4/2014) dini hari. 

"Korban yang terluka parah dibawa warga dan petugas ke perkampungan," tutur Rita. Para korban luka parah itu sempat dibawa ke aula di Kampung Terung. Sesudahnya, ujar dia, barulah datang petugas kepolisian dan paramedis yang langsung memberikan pertolongan darurat dan membawa korban luka berat ke Puskesmas Ciawi.

Adapun penumpang lain dengan cedera ringan berbondong-bondong menyusuri rel kereta. Mereka berjalan kaki menuju Stasiun Cirahayu. Lokasi kecelakaan tak terjangkau kendaraan apa pun karena tepat berada di tengah perbukitan dan jurang. Para penumpang ini kemudian diangkut menggunakan Kereta Darurat Cibatu, menuju Bandung, pada Sabtu dini hari. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com