Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyepi, Kampanye Akbar Dilarang di Banyuwangi

Kompas.com - 30/03/2014, 18:31 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pada puncak peringatan Hari Raya Nyepi, 31 Maret 2014, kampanye akbar atau rapat akbar di Kabupaten Banyuwangi ditiadakan.

Komisioner Divisi Pelaporan Panwaslu Banyuwangi, Totok Hariyanto kepada Kompas.com Minggu (30/03/2014) menjelaskan ditiadakannya kampanye rapat akbar merupakan hasil keputusan bersama dari parpol, KPU dan juga panwas.

"Hal ini dilakukan untuk menghormati umat Hindu yang merayakan Nyepi, karena yang beragama Hindu bukan hanya di Bali tapi tersebar di seluruh Indonesia termasuk juga di Banyuwangi," jelasnya.

Selain itu saat Nyepi yang dimulai pada Selasa malam, pihaknya juga menghimbau agar para calon legislatif tidak melakukan kampanye terselubung terutama saat upacara keagamaan. "Nanti kami akan menindak dengan tegas parpol atau caleg yang kedapatan melakukan kampanye di saat Nyepi", ujar Totok.

Sementara itu, Suminto Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Banyuwangi kepada Kompas.com mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi pelarangan kampanye akbar di saat peringatan hari raya Nyepi.

"Hal ini menunjukkan jika umat beragama sudah ditempatkan secara proposional. Sehingga bisa memberikan rasa damai masyarakat saat beribadah," jelasnya. Ia juga mengaku telah jauh-jauh hari melakukan sosialisasi kepada umat Hindu di Banyuwangi, terkait pelarangan penggunaan atribut kampanye dalam upacara keagamaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com