MUI Samarinda: Operasi Balik "Perawan" Haram

Kompas.com - 05/12/2013, 19:31 WIB
KOMPAS.com/YOVANDA NONI Ketua MUI Samarinda, Zaini Naim.

SAMARINDA, KOMPAS.com — Majelis Ulama Indonesia (MUI) Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), menilai, operasi mengembalikan vagina seperti bentuk perawan atau vaginoplasty adalah haram. Hal itu diutarakan Ketua MUI Samarinda Zaini Naim kepada Kompas.com, Kamis (5/12/2013).

Menurut Zaini, rekonstruksi memperbaiki bentuk tubuh yang dihalalkan dalam Islam adalah misalnya operasi sumbing. Sementara itu rekonstruksi operasi pengembalian alat genital atau vagina menjadi seperti perawan tidak dianjurkan dalam Islam dan masuk kategori haram karena mengubah apa yang sudah ditetapkan Allah SWT.

“Operasi vaginoplasty itu haram sebab mengubah apa yang telah diberikan Allah SWT. Pasien yang melakukan operasi tersebut tidak puas dan tidak bersyukur dengan dirinya sendiri. Dia berputus asa, hingga mencari jalan pintas untuk operasi,” katanya, Kamis (5/12/2013).

Dijelaskan Zaini, berbagai alasan untuk mereka yang melakukan operasi balik "perawan" memang baik. Misalnya saja ingin membahagiakan suami atau memuaskan kebutuhan seksual suami. Namun, kata Zaini, cara-cara yang ditempuh itu bukan yang baik.

Dia menegaskan, meski didasari dengan niat baik, tetapi caranya salah, maka hasilnya akan salah. “Ingin mengharmoniskan hubungan suami istri itu niat yang baik. Tapi caranya jangan dengan operasi. Sebab mengubah bagian tubuh, terutama alat genital itu haram. Jika memang menginginkan suami bahagia, maka tempuhlah cara-cara yang baik agar hasilnya akan baik pula,” katanya.

Dia melanjutkan, untuk membahagiakan suami bukan dengan jalan operasi saja. Menurutnya, sang istri bisa memperlihat kecantikan batiniah (inner beauty) di hadapan suami.

“Memang betul, salah satu keharmonisan berumah tangga adalah kehidupan ranjang. Tapi itu hanya salah satu, masih banyak cara untuk mengakrabkan suami istri. Jangan pernah merasa malu dengan kondisi fisik sebab Allah menciptakan manusia berbeda-beda dan dengan selera yang berbeda pula. Lebih baik jadi istri yang baik dan tunjukkan inner beauty,” pesannya.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorFarid Assifa

Terkini Lainnya


Close Ads X