Kayla Lahir, Koleksi Bison Amerika di Taman Safari Indonesia II Bertambah

Kompas.com - 10/10/2013, 17:00 WIB
K19"Kayla, anakan bison Amerika masih bersama induknya Kiasulin (6) di Taman Safari Indonesia II Prigen Jawa Timur"
|
EditorGlori K. Wadrianto

PASURUAN, KOMPAS.com - Koleksi Bison Amerika di Taman safari Indonesia (TSI) II Prigen Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur bertambah setelah "Kayla" anakan bison terlahir, Rabu, 2 Oktober 2013 lalu.

Namun pihak TSI II Prigen belum dapat mengeluarkan Kayla untuk dipertontonkan kepada pengunjung hingga berumur tiga bulan. "Karena saat ini masih dalam perawatan dan pantauan khusus," kata Lilis Mulyono, salah satu perawat bison tersebut, Kamis (10/10/2013).

Lilis menjelaskan, Kayla adalah anakan pertama induk betina Kiasulin (6) dengan pejantan Nanduira (8). Berat Kayla saat dilahirkan mencapai 30 kilogram dengan masa bunting 9 bulan 10 hari.

"Ini adalah lahiran pertama sejak bison jenis Amerika ini didatangkan dari Jepang pada 2009 silam," jelasnya.

Sebelum lahir, pihak TSI II Prigen sengaja mengarantina bison Kiasulin dengan memisahkan dari pejantannya. Hal ini dilakukan demi menjaga kesehatan selama masa bunting. Selain itu, Kiasulin pun diberikan asupan vitamin dan kalsium layaknya manusia yang hamil.

"Dan seminggu ini kondisinya sudah sehat dan bisa berbaur dengan induknya di dalam kandang," kata Lilis.

Selain bison Amerika, TSI II Prigen juga memiliki delapan ekor jenis bison Eropa. Kedelapan bison itu merupakan hasil enam kali proses kelahiran. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X