Salin Artikel

Pelni Hentikan Pelayaran Rute Bintan-Natuna Selama Sekitar 20 Hari

Penghentian ini dilakukan menyusul insiden kebakaran yang terjadi pada KM Bukit Raya di Pontianak pada Kamis (25/4/2024) lalu.

Kepala Pelni Cabang Tanjung Pinang, Putra Kencana menyebutkan, KM Bukit Raya kini sedang dalam proses naik docking (pengedokan) di Jakarta.

"Perkiraan docking KM Bukit Raya sekitar 20 hari ke depan," kata Putra Kencana di Tanjung Pinang, Rabu kemarin (1/5/2024).

Dengan demikian, kata dia, rute yang biasa dilayari KM Bukit Raya, termasuk antarpulau di wilayah Kepri (Bintan-Natuna) menjadi terhambat selama kapal tersebut naik docking.

Menurut dia, sesuai instruksi dari Kantor Pelni pusat, tak ada kapal pengganti setelah insiden KM Bukit Raya terbakar.

"Kami mohon dimaklumi atas terhambatnya pelayaran penyeberangan, khususnya antarpulau di Kepri," ucap Putra.

Ia menyatakan, bagi calon penumpang yang sudah telanjur memesan tiket KM Bukit Raya sebelum insiden terbakar, akan menerima pengembalian uang sebesar 100 persen.

Para calon penumpang bisa mengurus langsung proses pengembalian uang tiket di Kantor Pelni Tanjung Pinang atau melalui perusahaan travel.

"Ada puluhan calon penumpang yang sudah melakukan pengembalian tiket," kata dia.

Putra menambahkan, Pelni juga masih melakukan investigasi terkait pemicu kebakaran KM Bukit Raya. Dugaan sementara, kebakaram dipicu masalah kelistrikan.

Menurut dia, kebakaran pertama kali muncul di dek enam kapal, namun tak ada penumpang yang menjadi korban dalam insiden tersebut.

"Investigasi kebakaran ini penting dilakukan guna menjamin keamanan dan keselamatan KM Bukit Raya ke depannya," kata Putra Kencana.

Selama ini, kapal Pelni KM Bukit Raya mengangkut penumpang rute Tanjung Priok (Jakarta), Belinyu, Kijang (Bintan), Letung, Tarempa, Natuna, Midai, Serasan, Pontianak, Tanjung Perak (Surabaya).

https://regional.kompas.com/read/2024/05/02/061318378/pelni-hentikan-pelayaran-rute-bintan-natuna-selama-sekitar-20-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke