Salin Artikel

Sehari Jelang Lebaran, Arus Mudik di Simpang Padalarang Lengang

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Sehari menjelang hari raya Idul Fitri, arus kendaraan pemudik di jalur arteri Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat terpantau lengang, Selasa (9/4/2024) pagi.

Dari pantauan di lokasi, sejak pagi hari sampai pukul 10.30 WIB, arus kendaraan dari arah Cianjur maupun dari arah Purwakarta tidak menunjukkan adanya kepadatan.

"Arus kendaraan di H-1 lebaran tidak sepadat pada hari sebelumnya. Pagi ini terpantau lebih lancar. Tapi kita masih mewaspadai ada peningkatan kendaraan dari siang hingga malam takbiran nanti," ujar Kepala Dinas Perhubungan Fauzan Azima di Padalarang, Selasa (9/4/2024).

Saat ini arus mudik kendaraan di jalur arteri cenderung menurun. Hal itu disebabkan karena puncak arus mudik terpecah selama tiga hari yakni sejak 6 sampai 8 April kemarin.

"Periode puncak arus mudik sudah terlewati. Dari catatan yang kita dapat, puncak arus mudik di Simpang Padalarang paling tinggi di H-5 lebaran. Dengan volume kendaraan meningkat 40 persen dari lalu lintas normal," paparnya.

Meski arus kendaraan di Simpang Padalarang lengang, namun terdapat simpul kemacetan yang diantisipasi petugas seperti di kawasan Pasar Tagog Padalarang.

"Memang betul ada aktivitas masyarakat menjelang lebaran yang berjualan di bahu jalan. Kita lakukan antisipasi dengan memberi pembatas dan menyiagakan personel untuk mengurai kendaraan," sebut Fauzan.

Meski arus mudik terbilang lancar, Fauzan mewaspadai arus balik yang diprediksi bisa lebih tinggi dibanding arus mudik. Arus balik diantisipasi akan melonjak disebabkan waktu masuk kerja hampir bersamaan.

"Tahun ini periode mudiknya cukup panjang, jadi masyarakat banyak yang mudik awal. Tapi kita harus waspada arus balik karena relatif pendek liburnya," tutur Fauzan.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/09/131700578/sehari-jelang-lebaran-arus-mudik-di-simpang-padalarang-lengang-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke