Salin Artikel

Peran Anggota KKB yang Tewas Ditembak Aparat di Tembagapura, Diduga Tewaskan 2 Personel Brimob

Baku tembak antara aparat dan KKB tersebut terjadi di kawasan Kali Kabur, Mile 69 Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Kamis (4/4/2024).

"Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz 2024 bersama Satgas Amole 2024 dan Satgas Nanggala menembak mati dua anggota KKB wilayah Mimika," ungkap Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani, Kamis (4/4/2024).

Peran

Melansir Antara, anggota KKB Abu Bakar Kogoya tersebut berperan dalam sejumlah aksi penyerangan di Kabupaten Intan Jaya dan Mimika.

Dia diduga terlibat insiden yang menewaskan dua anggota Brimob, Bharada Almin dan Brigadir Mufaol pada 21 Oktober 2017.

Peristiwa itu terjadi di Mile 69 Distrik Tembagapura, Mimika.

Kemudian Abu Bakar Kogoya juga terlibat penembakan mobil dan membuat seorang terluka di Tembagapura.

"Tanggal 30 Maret 2020, Abu Bakar Kogoya terlibat penembakan warga sipil di parkiran gedung OB-1, Alun-Alun Kuala Kencana, Kabupaten Mimika dan menewaskan satu WNA dan dua lainnya terluka," katanya.

Sita senjata

Tak hanya menembak anggota KKB, tim juga menyita barang bukti senjata api laras pendek jenis sig sauer beserta 1 magasin dan amunisinya.

Faizal menegaskan, tindakan penegakan hukum KKB adalah respons cepat dari Satgas Damai Cartenz 2024 untuk menjaga keamanan wilayah Papua.

"Penegakan hukum terhadap KKB ini merupakan respons cepat dari Satgas Damai Cartenz 2024 dalam upaya mengatasi keamanan wilayah Mimika dan menegaskan komitmen aparat keamanan untuk melindungi masyrakat dari ancaman KKB," katanya.

Dua jenazah anggota KKB itu sudah dipindahkan menuju ke Timika.

Sumber: Kompas.com (Dhias Suwandi), Antara

https://regional.kompas.com/read/2024/04/05/103508878/peran-anggota-kkb-yang-tewas-ditembak-aparat-di-tembagapura-diduga-tewaskan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke