Salin Artikel

Perhelatan Pilkada di Kaltim Dinilai Lebih Rawan Konflik Horizontal, Apa Alasannya?

Hal itu diungkapkan oleh Asisten Intelijen (Asintel) Kasdam VI/Mulawarman Kolonel Inf Faizal Rizal dalam sambutannya saat Silaturahmi dan Buka Bersama dengan Media dan Yatim Piatu di GOR Mulawarman, Balikpapan, Minggu (31/3/2024).

"Ada beberapa event yang menonjol yang dilaksanakan di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). Di antaranya Pilkada 2024, dan Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN)," tutur Faizal.

Untuk itu, kata Faizal, diperlukan upaya antisipatif dari seluruh pihak, terutama pengamanan dan ketertibannya.

Langkap antisiatif berupa pegamanan yang dilakukan oleh Kodam VI/Mulawarman, bekerja sama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim untuk mengantisipasi masalah ketertiban masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Penerangan Komando Daerah Militer (Kapendam) VI Mulawarman Kolonel Kav Kristiyanto menambahkan, tingkat kerawanan Pilkada lebih tinggi dibanding dengan Pemilihan Presiden (Pilpres).

"Hal ini karena Pilkada lebih lokal, dan masyarakat bersinggungan langsung antara para kandidat pasangan calon kepala daerah dan para pendukungnya," ungkap dia.

Pengerahan pasukan di beberapa titik

Dengan demikian, potensi terjadinya gesekan antar-masyarakat sangat tinggi, sehingga Kodam VI/Mulawarman akan mengantisipasinya lebih intensif.

Kristiyanto menjelaskan, skenario antisipasi pengamanan Pilkada akan sama dengan pengamanan Pilpres.

Sesuai arahan Pangdam Mulawarman Tri Budi Utomo, skenario pengamanan adalah operasi kesiapsiagaaan dengan mengerahkan pasukan keamanan di beberapa titik.

Terutama di Komando Distrik Militer (Kodim), Komando Resor Militer (Korem), termasuk pasukan cadangan, alat utama sistem senjata (alutsista) akan disiapkan di Markas Komando Daerah Militer (Makodam) Mulawarman.

"Kami menyiapkan pasukan internal Kodam VI Mulawarman sementara ini untuk pengamanan Pilkada 2024. Belum ada penambahan. Kami bergabung dengan rekan-rekan dari Polda Kaltim," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/02/053000378/perhelatan-pilkada-di-kaltim-dinilai-lebih-rawan-konflik-horizontal-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke