Salin Artikel

Puncak Lewotobi Hujan Deras, Warga Diimbau Waspada Banjir Lahar Dingin

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki, Anselmus Bobyson Lamanepa menerangkan, saat ini seismograf di pos pengamatan sedang merekam adanya getaran banjir dengan amplitudo 2,9 mili.

"Imbauan kepada masyarakat yang permukimannya dekat dengan aliran sungai yang berhulu dari puncak Gunung Api Lewotobi Laki-laki agar selalu waspada terhadap aliran banjir lahar dingin," imbau Bobyson di Flores Timur, Senin.

Bobyson juga melaporkan, pada periode pengamatan Minggu (31/3/2024) pukul 00.00 Wita-24. 00 Wita, cuaca di gunung itu mendung dan hujan. Angin bertiup lemah ke arah timur laut. Suhu udara 21-27 derajat celcius.

Gunung kabut 0-II hingga kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati.

Rosalina Onan (37), warga Desa Hokeng Jaya, Kecamatan Wulanggitang, mengungkapkan, hujan melanda wilayah itu sejak Jumat (29/3/2024).

"Sampai hari ini masih hujan belum berhenti," kata dia.

Rosalia mengaku hujan yang terjadi selama beberapa hari terakhir membuat mereka panik. Apalagi banjir dari gunung itu meluap hingga badan jalan trans Flores Maumere-Larantuka.

"Sampai sekarang kami masih panik. Kami selalu berharap semoga tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," harap Rosalia.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/01/184352478/puncak-lewotobi-hujan-deras-warga-diimbau-waspada-banjir-lahar-dingin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke