Salin Artikel

Mudik Lebaran, Jalan Ahmad Yani Solo Kembali Dibuka 3 April 2024

Sebelumnya, Jalan Ahmad Yani ditutup selama tiga pekan sejak Jumat (15/3/2024) pukul 22.00 WIB, guna mendukung pengerjaan pembangunan Underpass Viaduk Gilingan tahap 2.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Taufiq Muhammad berharap, dengan dibukanya kembali Jalan Ahmad Yani dapat memperlancar arus kendaraan pada mudik Lebaran 2024.

"Dengan dibukanya viaduk bisa mengurai kemacetan di sekitaran Gilingan, Ngemplak yang selama ini terpusat semuanya di Jalan S Parman, kemudian Banjarsari, Monginsidi nanti bisa mengurai itu," kata Taufiq dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (31/3/2024).

Disamping memperlancar arus mudik Lebaran, lanjut Taufiq, dibukanya Viaduk Gilingan juga dapat memberikan ruang bagi pengunjung yang akan berkunjung ke Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

"Karena yang di Joglo kan ditutup separuh ini. Harapannya dengan dibukanya Viaduk Gilingan bisa membantu memperlancar arus lalu lintas," jelas dia.

Pihaknya memprediksi pergerakan kendaraan pada arus mudik Lebaran meningkat dibandingkan dengan hari biasa. Jika pergerakan hari biasa 450.000 sampai 500.000 kendaraan.

Di sisi lain jalan tol Solo-Yogyakarta akan dibuka fungsional hingga Klaten, sehingga diharapkan kepadatan kendaraan di Solo bisa terurai.

"Nanti fungsional tol Solo-Jogja sudah dibuka sampai Klaten harapannya bisa membantu mengurai kepadatan yang ada di Solo," ungkap Taufiq.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/01/084335978/mudik-lebaran-jalan-ahmad-yani-solo-kembali-dibuka-3-april-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke