Salin Artikel

Mantap Usung Gus Yusuf Maju Pilkada Jateng, PKB Cari Partner Koalisi

Sekretaris DPW PKB Jawa Tengah, Sukirman menyebut Ketua DPW PKB Jateng itu dinilai sebagai kader utama yang layak maju dalam Pilgub Jateng. Dia menegaskan tak ada kader PKB lainnya yang bakal diusung selain Gus Yusuf.

Namun mengingat perolehan kursi PKB masih 21 di legislatif, maka pihaknya perlu berkoalisi dengan partai lain dalam Pilgub Jateng 2024.

“Hari ini kita 21 kursi, tentu kalau dari sisi persyaratan elektoral belum memenuhi syarat, harus koalisi terlebih dahulu. Kita tetap mencalonkan kader terbaik kita, Gus Yusuf untuk terpilih sebagai Cagub Jateng,” ujar Sukirman ditemui usai rapat paripurna di Kantor DPRD Jateng, Kamis (28/3/2024).

Oleh karena itu, pihaknya telah melakukan penjajakan dengan sejumlah partai yang mendapat kursi legislatif terbanyak untuk berkoalisi, termasuk PDI Perjuangan.

“Kita sudah penjajakan ke PDI-P, ke semua partai sih, (seperti) Golkar, Gerindra. Sedang cari rumusan yang baik lah seperti apa,” terangnya.

Menurutnya saat ini setiap partai tengah menghitung kekuatan internal untuk menjalin koalisi dalam pilgub mendatang dengan berkaca dari arah koalisi nasional.

“Mereka (partai-partai di Jateng) juga sedang menyambut positif. Ini tidak lepas juga dari koalisi di tingkat nasional arahnya seperti apa. Ini kan arahnya masih bulat juga, kearifan lokalnya yang disesuaikan,” bebernya.

Di samping itu, Sukirman mengakui bila mesin partai sudah bekerja untuk memenangkan Gus Yusuf. Bahkan, saat Muspimnas beberapa waktu lalu pihaknya telah membuat tim pemenangan skala kecil yang disebut dengan desk Pilkada.

Sukirman menyebut, ada 11 dari 35 kabupaten/kota di Jateng yang akan menjadi fokus pemenangan PKB.

“Kalau kemarin kita mengikuti Muspimnas, garis kebijakannya juga tegas, bahwa kita akan ambil porsi di beberapa kabupaten/kota. Misalnya di Kabupaten Magelang, Kabupaten Tegal, Blora, ada 11 kabupaten yang kita bisa mencalonkan diri ya,” tandasnya.

Di antara 11 kabupaten/kota itu, yakni Kabupaten Tegal, Blora, Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Batang, Kota Salatiga, Kendal, Wonosobo, Cilacap, Tmanggung, dan Kota Pekalongan.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/29/045400478/mantap-usung-gus-yusuf-maju-pilkada-jateng-pkb-cari-partner-koalisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke