Salin Artikel

Di Tengah Banjir, Perayaan HUT Ke-521 Demak Dilakukan dengan Doa dan Ziarah Makam Raja

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini peringatan hari jadi hanya diisi dengan doa dan ziarah di kompleks makam Raja Demak dan puncaknya upacara bendera pada Kamis (28/3/2024). Padahal di tahun-tahun sebelumnya, dirayakan dengan beragam pementasan meriah.

Doa dan ziarah dipimpin oleh Bupati Demak Eisti'anah dan diikuti para pejabat pemerintahan.

Setidaknya terdapat makam Raja-raja Demak terdahulu di kompleks Makam Masjid Agung Demak, seperti Sultan Fatah, Raden Trenggono, Raden Patiunus, dan Sunan Prawoto.

"Kita baru saja mendapatkan musibah dan sedang pemulihan dan tentunya tidak etis kita merayakan hari jadi ini dengan suka cita," kata Eisti'anah usai ziarah, Rabu (27/3/2024) sore.

"Rasa evaluasi dan introspeksi diri dan semangat untuk bangkit dan tetap bergandengan tangan untuk terus kuat dan mensejahterakan masyarakat," terangnya.

"Kita meminta Kabupaten Demak ini ke depannya bebas dari musibah, tadi kita juga minta doa kepada para kiai mendoakan," beber dia.

Usai ziarah, Eisti'anah melanjutkan tabur bunga di makam Raja-raja Demak dan diikuti para petinggi pemerintahan.

Diketahui, banjir bandang di Kabupaten Demak terjadi dua kali pada Februari dan Maret tahun ini dampak jebolnya tanggul Sungai Wulan di Kecamatan Karanganyar.

Sempat meluas ke 13 kecamatan, saat ini banjir belum sepenuhnya surut, seperti di Desa Wonorejo Kecamatan Karanganyar dan Desa Loireng Kecamatan Sayung.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/28/141006278/di-tengah-banjir-perayaan-hut-ke-521-demak-dilakukan-dengan-doa-dan-ziarah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke