Salin Artikel

Jalan Tol Solo-Yogyakarta Akan Digratiskan untuk Pemudik, Ini Dua Pintu Keluarnya

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY Rien Marlia mengatakan, pengguna jalan tol Solo-Yogyakarta tak dipungut biaya saat melintas. 

"Untuk jalan tol (Solo-Yogyakarta) masih gratis," jelasnya saat ditemui di Hotel Candi Indah Semarang, Kamis (28/3/2024).

Dia menjelaskan, sepanjang jalan tol tersebut akan dibangun posko-posko yang sekaligus akan dijadikan sebagai rest area untuk pemudik yang melintas.

"Posko, saat ini belum ada rest area, namun sudah ada posko pertama di Colomadu," kata dia. 

Pemudik yang akan keluar dari tol tersebut bisa melewati exit Caper, Karanganom dan di Ngawen. Untuk Ceper, Karanganom yaitu di STA 13, dan Ngawen di STA 23.

"Apabila masih ada penumpukan, ada opsi terakhir akan dibuka di STA 25 di ujung untuk menghindari kepadatan di arah Klaten," katanya lagi.

Sementara itu, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi menambahkan, saat ini Tol Yogyakarta-Solo-Klaten sudah dipersiapkan untuk menyambut arus mudik dan arus balik.

"Nanti saat harinya kita akan berlakukan," jelasnya, Kamis.

Pembukaan jalan tol Solo-Yogyakarta hingga Ngawen tersebut diharapkan dapat mengurangi kemacetan arus mudik dan arus balik di wilayah Klaten. 

"Saat Operasi Ketupat Candi 2024 akan kita buka agar tak terjadi kemacetan di Klaten," kata dia. 

Luthfi menambahkan, jutaan pemudik yang bakal memasuki wilayah Jateng itu diperkirakan naik 4 persen dibandingkan tahun sebelumnya. 

"Tahun 2023 hanya sebesar 123 juta masyarakat," jelas dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/28/131703878/jalan-tol-solo-yogyakarta-akan-digratiskan-untuk-pemudik-ini-dua-pintu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke