Salin Artikel

Paksa Penumpang Beli Tiket yang Digetok Harganya, 2 Preman di Cilegon Ditangkap

Pelaku kedua yang ditangkap inisial EN di rumah temannya di Kampung Langon, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Cilegon pada Selasa (26/3/2024) pukul 21.30 WIB tanpa perlawanan.

"Saudara EN kita amankan di tempat temannya di daerah Pulomerak," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Cilegon AKP Syamsul Bahri kepada wartawan di kantornya. Rabu (27/3/2024).

Sebelumnya, Polisi telah menangkap pelaku lainnya inisial MN (23) pada Senin (25/3/2024) pukul 23.00 WIB di lingkungan Pelabuhan Merak.

Keduanya masih dilakukan pemeriksaan oleh penyidik guna mendalami motif para pelaku mengancam penumpang bus dan lainnya.

"Sampai dengan saat ini kita sedang melaksanakan pemeriksaan kepada kedua orang yang kita amankan dan kita dalami motifnya seperti apa," ujar Syamsul.

Berdasarkan pengakuan sementara dari kedua pelaku, mereka menaikan tarif bus tujuan Padang dari harga normal Rp 170.000 sampai Rp 200.000 menjadi Rp 500.000 per orang.

"Untuk motifnya terkait dengan ekonomi," kata dia.

Keduanya terancam dikenakan pasal 368 KUHPidana tentang pemerasan dengan kekerasan dengan anacaman pidana penjara 9 tahun.

"Untuk saat ini pemeriksaan awal kami mendalami terkait tindak pidana 368 KUHP," tandas Syamsul.

Sebelumnya, sebuah video yang memperlihatkan dua orang preman atau calo mengintimidasi seorang penumpang di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten viral di media sosial.

Dalam video yang pertama kali diunggah oleh akun Facebook Bowo Obi 16 jam lalu itu  terlihat dua preman atau calo beradu mulut dengan calon penumpang bus.

Video berdurasi 21 detik itu memperlihatkan calon penumpang bus yang menolak tawaran calo karena tak punya uang jika tarif bus digetok tiga kali lipat dari harga normal.

Salah satu orang preman itu memukul dan mengancam akan mematahkan jari jika calon penumpang itu menolak membeli tiket yang tak wajar itu.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/28/083003278/paksa-penumpang-beli-tiket-yang-digetok-harganya-2-preman-di-cilegon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke