Salin Artikel

Amankan Perayaan Paskah, Polresta Solo Terjunkan Ratusan Personel

Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan ada 120 personel yang akan dikerahkan di sejumlah wilayah Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng).

"Personel gabungan akan melakukan pengamanan di 16 gereja prioritas yang akan melaksanakan ibadah. Untuk penjagaan sendiri, kita lakukan selama 24 jam penuh," kata Iwan Sektiadi, pada Rabu (27/3/2024).

Mekanisme pengamanan tidak jauh berbeda dengan pengamanan saat perayaan Natal. Akan tetapi, khusus untuk ibadah Paskah durasinya panjang.

"Sebelum ibadah, akan ada tim yang melakukan sterilisasi gereja dari personel Brimob maupun unit K9. Sifatnya mobile ya," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak gereja untuk menyiapkan pengamanan internal. 

"Termasuk meminta umat yang datang juga tidak membawa barang yang mencolok. Kita akan melaukan pengecekan barang dan badan juga terhadap umat yang masuk," jelasnya.

"Karena ada beberapa gereja yang menggelar ibadah malam yang akan berbarengan dengan tarawih," kata Kompol Agung Yudiawan.

Akan tetapi rekayasa lalu lintas ini akan menyesuaikan dengan kondisi jalan di kawasan tersebut.

"Sehingga nanti akan lihat situsai dan kondisi jalan crowded, baru kita lakukan buka tutup arus. Tetapi nanti personil yang berjaga diruas jalan depan geraja akan mengatur arus lalu lintas. Termasuk menerjunkan tim Mobile," paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/27/224429778/amankan-perayaan-paskah-polresta-solo-terjunkan-ratusan-personel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke