Salin Artikel

Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas, Angkutan Lebaran di Brebes Diperiksa

Petugas melakukan pengecekan di dua lokasi, masing-masing di Terminal Bus Tanjung dan di Pool Bus PO Sinar Jaya Klampok, Wanasari.

Sejumlah kendaraan dicek kelaikannya secara teknis dan administrasi. Tak hanya kendaraan antarkabupaten kota, namun juga lintas provinsi.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Brebes, M Reza Prisman mengatakan, ramp check dilakukan sebagai upaya antisipasi terhadap insiden kecelakaan lalu lintas dan memastikan angkutan Lebaran beroperasi dengan baik selama digunakan.

"Pengecekan ini sekaligus sebagai bentuk sosialisasi kepada pengusaha angkutan umum. Agar mempersiapkan kendaraan sesuai dengan ketentuan teknis laik jalan dan ketentuan administratif," ujarnya, Selasa (26/3/2024).

Reza mengungkapkan, pemeriksaan secara teknis meliputi fungsi elektrikal, kondisi fisik visual, pemeriksaan dokumen uji berkala, dan trayek kendaraan.


Pemasangan rambu lalu lintas petunjuk arah

Untuk selanjutnya ramp check akan kembali dilaksanakan pada periode Angkutan Lebaran, baik pada masa arus mudik maupun arus balik.

Ditambahkan Reza, selain mengecek kesiapan angkutan Lebaran, Dishub Brebes juga memasang rambu lalu lintas petunjuk arah pada 10 ruas jalan alternatif.

Kemudian, rambu peringatan di 10 titik perlintasan kereta api tanpa palang pintu dan beberapa ruas jalan rusak.

"Pada pengecekan kendaraan angkutan Lebaran ini semua laik jalan dan sesuai administratif. Namun beberapa rangkaian kegiatan lain tentu dilaksanakan untuk mendukung arus mudik tahun ini," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/26/204352778/antisipasi-kecelakaan-lalu-lintas-angkutan-lebaran-di-brebes-diperiksa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke