Salin Artikel

Ibu-ibu di Kota Ambon Mulai Lirik Emas Batangan Jadi Investasi

Itu dilakukan kepada para pengusaha makanan dan kue di Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Sabtu (23/3/2024). 

Investasi logam mulia ini dinilai sangat aman dan jauh lebih menjajikan untuk kebutuhan masa depan. 

Kusuma (51), salah satu pengusaha kue di Batu Merah menyatakan dulunya dia rajin membeli perhiasan emas. Namun belakangan dia mulai beralih investasi ke emas batangan. 

“Biasa beli kalung, cincin, tapi pas jual harganya tidak menentu. Beta baru coba dengan emas batangan 10 gram,” ucapnya yang hadir dalam kegiatan Festival Ramadhan Pegadaian 12-28 Maret, Sabtu sore.

Menurutya, harga jual emas batangan lebih bagus dibandingkan dengan emas perhiasaan.

Kadar karat emasnya pun tinggi, 24 karat. Berbeda dengan emas untuk perhiasaan. 

Baginya yang merupakan seorang pengusaha kue, emas dapat dijadikan solusi di saat genting. Seperti kebutuhan pendidikan anak, keuangan keluarga terutama modal usaha. 

Ternyata sebagian besar ibu-ibu pengusaha mulai melirik emas batangan sebagai objek investasi jangka panjang.

Deputi Bisnis PT Pegadaian Area Ambon Rusydi Tanjung menyatakan, emas salah satu investasi aman untuk melindungi nilai aset serta merancang masa depan yang lebih baik.

 “Saat ini kami gencar edukasi investasi logam mulia karena aman untuk melindungi nilai aset dan demi masa depan,” katanya. 

Biasanya nasabah mulai berinvestasi dengan emas senilai 10 gram. Nilai itu disesuaikan dengan kemampuan nasabah dan latar belakang pekerjaan. 

Nasabah juga dimudahkan dengan tenor pembayaran yang lebih panjang. Tak hanya itu, besaran cicilan tiap bulannya juga telah disesuikan dengan kekuatan keuangan. 

"Emas merupakan investasi likuid yang barangnya dapat disimpan sendiri, selain itu harganya yang cenderung naik, investasi ini juga dinilai aman karena tidak tergerus oleh inflasi,” terangnya. 

Dia mengakui meminta warga kota Ambon investasi pada emas batangan yang jatuh pada emas 10 gram.

Sementara itu ada pula denominasi yang lebih kecil. Mulai dari 05, gram, sampai 1 kilogram dengan jangka waktu pembiayaan hingga 36 bulan. 

Syarat investasi juga mudah yakni dengan uang muka 20 persen dan fotokopi KTP. 

"Prosedurnya pun cukup mudah dan cepat, bahkan untuk proses angsuran pun dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Pegadaian Digital, kami berupaya memberikan kemudahan sesuai slogan kami mengatasi masalah tanpa masalah,” sebutnya. 

https://regional.kompas.com/read/2024/03/25/152151678/ibu-ibu-di-kota-ambon-mulai-lirik-emas-batangan-jadi-investasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke