Salin Artikel

Tim SAR Temukan Jenazah di Perairan Aceh, Diduga Pengungsi Rohingya

BANDA ACEH, KOMPAS.com – Nelayan di Perairan Calang, Kabupaten Aceh Jaya, menemukan tiga sosok jenazah di lautan. Usai menemukan jenazah, mereka langsung melaporkannya ke tim SAR.

Kepala Kantor Basarnas Banda Aceh, Haris Al Hussain mengaku langsung menurunkan Tim Rescuer Pos SAR Meulaboh bersama Potensi SAR untuk operasi pencarian korban terapung di perairan Barat Calang.

“Setelah melakukan pencarian, tim menemukan tiga jenazah, masing-masing dua perempan dewasa dan satu anak laki-laki," jelas Al Hussain dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/3/2024).

Hussain menduga para korban merupakan pengungsi Rohingya yang sebelumnya hilang akibat kapal yang ditumpangi terbalik dan tenggelam. 

"Jenazah langsung dibawa ke RS Teuku Umar di Calang, Aceh Jaya,” jelas Al Hussain. 

Komandan Operasi Satgas SAR Aceh Jaya, Mirza mengungkapkan, ketiga jenazah sudah dimakamkan di halaman belakang kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Jaya, setelah berkoordinasi dengan Pemda, UNHCR, dan Imigrasi.

“Untuk siang ini kami juga menerima laporan dari nelayan di kawasan Lhok Kruet dan Tuenom, mereka menemukan jenazah yang terapung, dan tim sedang menuju ke masing-masing lokasi untuk melakukan evakuasi,” jelas Mirza melalui sambungan telepon, Minggu (24/3/2024) siang. 

Mirza mengatakan, proses pencarian dilakukan hingga Maghrib dan akan dihentikan mulai Senin besok. Namun evakuasi akan dilakukan jika ada penemuan jenazah lainnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/24/142623478/tim-sar-temukan-jenazah-di-perairan-aceh-diduga-pengungsi-rohingya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke