Salin Artikel

Banjir Jateng Menyisakan Kudus, Demak, dan Pati, 29.000 Orang Tinggal di Pengungsian

DEMAK, KOMPAS.com - Banjir di Jawa Tengah mulai surut. Dari sebelumnya terdampak pada 11 kabupaten/kota, saat ini masih tersisa tiga daerah.

"Untuk wilayah Jateng tinggal tiga kabupaten, yaitu Kudus, Pati, dan Demak," ujar Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi saat menghadiri trauma healing untuk korban banjir Demak di Pos pengungsian Desa Ngaluran, Kecamatan Karanganyar, Sabtu (23/3/2024).

"Kalau kemarin ada 11 kabupaten, surut menjadi 8, hari ini tinggal 3, dan lainnya sudah selesai," imbuhnya.

Sementara, untuk jumlah pengungsi di Kabupaten Kudus, Pati, dan Kabupaten Demak masih mencapai 29.000 orang.

"Di tiga kabupaten ini jumlah pengungsi sekitar 29.000, meskipun 29.000 (pengungsi) ada 31 titik," kata Luthfi.

Menurutnya, pascabencana juga menjadi perhatian khusus. Untuk itu, Polri bersama dinas terkait di bawah Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) akan membantu pemulihan.

"Tapi, pascabencana ini perlu, misalnya terkait rumah-rumah penduduk kita yang butuh perbaikan, kemudian sarana prasarana yang rusak," tuturnya.

Adapun para pengungsi juga membutuhkan perhatian khusus. Untuk itu, Polri turut hadir memberikan trauma healing bagi para korban banjir.

"Terutama para pengungsi, jadi pascabencana ini ada trauma healing, ada posko kesehatan, ada dapur umum. Kita semuanya tergerak untuk masyarakat," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/23/142539378/banjir-jateng-menyisakan-kudus-demak-dan-pati-29000-orang-tinggal-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke