Salin Artikel

Saat Nasida Ria Berkolaborasi dengan JKT48, Perpaduan Musik Lintas Genre dalam Lagu "Ini Ramadan Kita"

Dalam unggahan video media sosial Google Indonesia itu, Nasida Ria dan JKT48 tetap membawakan gaya dan ciri khas masing-masing.

Nasida Ria membawa alat musik seruling, piano, rebbana dengan mengenakan fesyen khasnya. Sementara JKT48, tampak lihai menari dengan fesyen ala girlband Indonesia.

Director Nasida Ria, Zuhad Mahdi mengatakan, proses kreatif kolaborasi antara Nasida Ria dan JKT48 itu berlangsung sekitar satu bulan sebelum Ramadhan.

Dia menyebut, rencana adanya kolaborasi itu dimulai ketika pihak Google Indonesia menghubungi Nasida Ria kembali untuk menjadi bintang tamu dalam kampanye Ramadhan tahun 2024.

"Memang sebenarnya Nasida Ria sudah kerja sama dengan Google dari tahun lalu, kampnye Ramadhan dan Lebaran tahun lalu. Nah dari tim kreatif menawarkan lagi. Agar ada yang beda, akhirnya dibuat kolaborasi dengan JKT48. Syuting 5 Maret, itu memang proses produksinya cepat, dari rencana H-satu bulan," tutur Zuhad kepada KOMPAS.com, Jumat (22/3/2024).

Lantaran memiliki banyak perbedaan dengan JKT48, Zuhad menyebut, tentunya Nasida Ria punya kesulitan tersendiri selama proses pembuatan lagu 'Ini Ramadan Kita' yang berdurasi 2 menit 32 detik itu.

"Pertama kesulitan dari musiknya, karena berbeda genre. Yang JKT48 beat-nya major, dan lagunya beat J-Pop. Kalau kasidah lebih ke minor. Lalu dari segi pembuatan videonya. Kan ada part Nasida Ria dance, nah itu harus menyesuaikan, latihan di hotel, dimana-mana," tutur Zuhad.

Meski demikian, imbuh Zuhad, kolaborasi tersebut menjadi kesan tersendiri bagi Nasida Ria. Lantaran dinilai dapat memberi warna baru dalam bermusik.

Menurut Zuhad, kolaborasi antara Nasida Ria dan JKT48 berhasil mencampurkan gaya bermusik lintas genre maupun generasi. Sehingga, audiens yang didapat semakin menyebar luas.

"Target marketnya berbeda juga, bisa bantu cross market. Misal penggemar JKT48 bisa tau Nasida Ria, begitu pula sebaliknya. Serunya adalah tahun ini ada dance-dance nya, ini termasuk tantangan bagi Nasida Ria. Tonenya juga mengikuti JKT48, lebih cerah dan lebih bagus. Jadi kita punya experience baru," ucap Zuhad.

Dengan demikian, Zuhad berharap, ke depannya Nasida Ria bisa terus berkolaborasi untuk menyemarakkan bulan Ramadhan maupun mendukung perkembangan musik di Tanah Air.

"Semoga saja nanti bisa kolaborasi lagi, biar lebih ramai lagi," pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/22/212751778/saat-nasida-ria-berkolaborasi-dengan-jkt48-perpaduan-musik-lintas-genre

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke