Salin Artikel

Antisipasi Banjir Pantura, Salatiga Bersiap Sambut Lonjakan Pemudik

SALATIGA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Salatiga mewaspadai lonjakan arus mudik karena banjir yang terjadi di Pantura.

Jika banjir tak mereda, Salatiga diprediksi akan menjadi kota transit bagi para pemudik.

Pj. Wali Kota Salatiga Yasip Khasani mengatakan, penambahan intensitas arus mudik menuju Jawa Tengah tahun ini diperkirakan mencapai 70.000 kendaraan.

"Kami berharap banjir di Pantura tidak semakin meluas. Sebab jika itu terjadi, kemungkinan besar nanti pemudik yang menuju arah Pantura akan memilih melewati jalur Salatiga," jelasnya.

Yasip mengungkapkan, selama arus mudik kemungkinan besar Kota Salatiga akan menjadi lokasi transit menuju ke arah timur.

"Kami berharap semua pihak bisa memberikan masukan-masukan yang positif dan konstruktif agar kelancaran arus dan keamanan dapat terselenggara dengan baik," paparnya.

Sementara Kabag Ops Polres Salatiga Kompol Mochamad Zazid dalam Tactical Floor Game (TFG) menyampaikan, Operasi Ketupat Candi (OKC) akan dimulai 4-16 April 2024.

Pos Pam Terpadu di Bundaran Tamansari dan Terminal Tingkir kemudian Pos Pam Sinergitas di depan Mako Polres Salatiga. Sementara 10 Pos Strong Point yang meliputi Pos SP Blotongan, Pos SP Kauman, Pos SP Simpang 4 Aulia, Pos SP Pasar Rejosari. Selanjutnya di Pos SP Bendosari, Pos SP Blauran, Pos SP, Bethany, Pos SP Simpang 3 ABC, Pos SP Cengek dan Pos SP Exit Tol Tingkir Salatiga.

Zazid menyampaikan, sebanyak 314 personel dilibatkan dalam OKC 2024.

"Selain itu didukung rekan TNI dan instansi terkait dari Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Banpol serta ormas," paparnya.

Menurut Zazid, Pos Strong Point merupakan hal baru dalam Pola Pengamanan Operasi Ketupat Candi 2024.

"Selain itu akan ada cara bertindak (CB) baru saat mengatasi gangguan kamtibmas maupun kamseltibcarlantas. Hal ini dimaksudkan agar petugas dapat sesegera mungkin mengatasi gangguan ataupun kemacetan yang ada dengan pengerahan personil yang di Pos Strong Point sehingga gangguan atau kemacetan tersebut segera dapat diurai," kata Zazid.

Dia berharap dengan digelarnya TFG, personel bisa memahami dan menjalankan tugas dengan baik. "Sehingga pelaksanaan Operasi Ketupat Candi dapat berjalan lancar dan aman, masyarakat dapat merayakan Idul Fitri secara aman dan nyaman," jelas dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/22/202600078/antisipasi-banjir-pantura-salatiga-bersiap-sambut-lonjakan-pemudik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke