Salin Artikel

Jateng Diprediksi Jadi Tujuan Mudik 61,6 Juta Orang, Dishub Siapkan 35 Posko Terpadu Mudik

SEMARANG, KOMPAS.com - Jawa Tengah menjadi tujuan mudik tertinggi bagi 61,6 juta orang. Untuk itu Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Tengah menyiapkan 35 posko terpadu mudik menjelang lebaran.

Pelaksana Harian (Plh) Dishub Jateng Erry Derima Ryanto menyebut, survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat dari 193,6 juta calon pemudik, sebanyak 31,81 persen bergerak ke Jateng pada Lebaran kali ini.

"Patokan di Kemenhub itu 61,6 juta, dari total yang bergerak 193,6 juta, 31,81 persen untuk Jateng. Jadi pertama posko terpadu 35 itu milik Dishub provinsi ya. Pos perhubungan kabupaten/kota dan kepolisian ada lagi," ungkap Erry melalui sambungan telepon, Jumat (22/3/2024).

Sementara itu Erry menambahkan, pergerakan dari pulau Jawa dan luar Jawa masih dihitung. Termasuk pergerakan pemudik lokal di Jateng.

Berkaca dari lebaran tahun lalu, 1.232.613 kendaraan masuk lewat jalur tol Kalikangkung.

Untuk tahun ini diprediksi ada peningkatan 5-6 persen pemudik jalur tol dan non tol.

Oleh karena itu, penting bagi Pemprov Jateng menyiapkan posko untuk melayani peningkatan jumlah pemudik kali ini.

"Di tingkat provinsi, di satu posko terpadu 24 jam akan ada 9 bidang yang menangani di sana, setiap hari akan bertugas sebanyak 20 orang dan di bagi 3 shift dari tanggal 3-18 april, di sana melibatkan semua unsur. Anggotanya dari Dishub, kepolisian, dan dinas terkait, ada Pekerjaan Umum (PU), BPBD, Kominfo, Disperindag, Dinas Kesehatan," lanjutnya.

Kemudian dia juga mendirikan posko di 22 terminal tipe B di Jateng. Lalu 6 posko di balai wilayah Pehubungan di Jateng.

Di antaranya, Balai Wilayah 1 wilayah di eks karasidenan Semarang, Balai 2 di eks karasidenan Pati, Balai 3 di eks krasisdnwn Surakarta, Balai 4 di eks karasidenan Magelang, Balai 5 di eks karasidenan Banyumas di Purwokerto, dan Balai 6 di eks karasiden Pekalongan.

"Selain itu di balai-balai itu juga ada 6 posko yang melakukan monitoring dan patroli, jadi setiap balai selain stanby di posko juga berpatroli di wilayahnya untuk melakukan pantauan dan membantu pengaturan lalu lintas tapi sifatnya patroli," ungkapnya.

Lebih lanjut, Erry juga menambah pemasangan CCTV di 10 titik rawan kemacetan dan kecelakaan di Jateng. Kemudian melakukan pengecekan sarana prasarana di ruas jalan.

"Jadi kami juga melakukan pemantauan. Kemudian kami juga memasang fasilitas kelengkapan jalan, rambu, marka, lampu penerangan jalan yang sudah kami pasang," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/22/162826278/jateng-diprediksi-jadi-tujuan-mudik-616-juta-orang-dishub-siapkan-35-posko

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke