Salin Artikel

Mudik 2024, Kapolda Lampung: Jangan Ngebut, Nenek Moyang Kita Pelaut, Bukan Pebalap

LAMPUNG, KOMPAS.com - Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi pada arus mudik Lebaran 2024 diprediksi akan meningkat. Kepolisian mengingatkan agar pemudik mengutamakan keselamatan.

Kapolda Lampung Inspektur Jenderal (Irjen) Helmy Santika mengatakan, jika melihat pada dua kali arus mudik sebelumnya, tren penggunaan kendaraan pribadi terus meningkat.

Menurutnya, banyak pemudik memilih menggunakan kendaraan pribadi, baik itu sepeda motor ataupun mobil dibandingkan transportasi umum.

Untuk itu, diharapkan masyarakat yang melakukan mudik tetap mengutamakan keselamatan selama perjalanan.

"Meski rasa rindu dan ingin segera bertemu dengan family di kampung halaman, kita tetap tidak boleh abai dengan keselamatan," kata Helmy di Mapolda Lampung, Jumat (22/3/2024).

Secara khusus, Helmy menyinggung agar pemudik tidak terburu-buru ataupun melaju dengan kecepatan tinggi di perjalanan.

"Jangan ngebut, ingat, nenek moyang kita adalah pelaut bukan pembalap," katanya.

"Mudik itu untuk bersilaturahmi dan merayakan Lebaran di kampung halaman, bukan mau main film Fast & Furious," tambahnya.

Selain itu, masyarakat diminta mempersiapkan kendaraan secara menyeluruh agar tidak terjadi gangguan di perjalanan mudik.

Pemeriksaan kendaraan adalah hal mutlak yang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan jauh.

"Pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi baik dan aman, ini adalah langkah preventif untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya," ungkap dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/22/111852278/mudik-2024-kapolda-lampung-jangan-ngebut-nenek-moyang-kita-pelaut-bukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke