Salin Artikel

75 Pengungsi Rohingya Korban Kapal Terbalik Diselamatkan, Puluhan Hilang

Namun, ada puluhan orang lainnya yang dilaporkan hilang. 

Kepala Badan SAR Nasional Banda Aceh Al Hussain mengatakan, ada 69 orang yang diselamatkan timnya pada Kamis (21/3/2024). Mereka ditemukan pada jarak 12 mil (sekitar 22 kilometer) dari pantai.

Sedangkan enam orang lainnya diselamatkan nelayan pada Rabu (20/3/2024). 

"Pengungsi Rohingya diserahkan kepada pihak Imigrasi dan Pemda Aceh Barat guna penanganan lebih lanjut,” ujar Al Hussain.

Sejumlah pengungsi Rohingya itu kemudian dibawa ke lokasi penampungan sementara di Kabupaten Aceh Barat.

Anggota staf Komisi Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR) Indonesia Faisal Rahman mengatakan, dari informasi yang dia dapatkan dari pengungsi yang selamat, jumlah pengungsi di dalam kapal itu sebanyak 142 orang.

”Sisanya masih hilang, saya tidak berani memastikan mereka yang hilang sudah menjadi korban (meninggal) atau tidak. Yang jelas mereka masih hilang,” kata Faisal.

Namun, dalam jalur penyelamatan yang dilalui oleh kapal Basarnas tidak ditemukan korban meninggal. Tim Basarnas juga telah menghentikan proses penyelamatan.

Faisal mengatakan, kondisi korban yang selamat dalam keadaan lemah.

Mereka saat ini ditampung sementara di sebuah gedung bekas kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Barat.

Gedung itu sudah bertahun-tahun tidak digunakan. Meski terlihat berantakan dan kotor, lokasi itu dianggap paling layak untuk dipakai.

”Soal tempat, Pemkab Aceh Barat yang menentukan. Kami akan memfasilitasi kebutuhan dasar bagi pengungsi,” kata Faisal.


Semua kebutuhan dasar pengungsi, seperti makanan, obat-obatan, hingga sanitasi menjadi tanggung jawab UNHCR dan lembaga lain.

Faisal mengatakan, keberadaan pengungsi Rohingya tidak akan membebani keuangan daerah.

”Pemkab membantu dan menyumbang pada masa awal kehadiran, selanjutnya menjadi tanggung jawab kami. Tidak ada alokasi khusus anggaran daerah untuk penanganan pengungsi,” kata Faisal.

Faisal mengatakan, saat ini sekitar 1.300 pengungsi Rohingya berada di Aceh. Mereka ditampung di beberapa kabupaten di Aceh.

Namun, UNCHR tidak bisa memberikan gambaran kapan mereka akan dipindahkan ke negara ketiga.

Asisten I Pemkab Aceh Barat Teuku Samsul Alam mengatakan, karena alasan kemanusiaan, pemerintah menerima kehadiran pengungsi Rohingya.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat tidak merasa terbebani dengan kehadiran pengungsi itu.

Meski ada suara-suara yang menolak kehadiran Rohingya, Samsul mengatakan, sebagai sesama manusia dan umat Islam, pengungsi itu akan ditampung untuk sementara waktu.

Artikel ini sudah tayang di Kompas.id dengan judul 75 Warga Etnis Rohingya Selamat, Puluhan Orang Hilang di Perairan Aceh

https://regional.kompas.com/read/2024/03/21/214820478/75-pengungsi-rohingya-korban-kapal-terbalik-diselamatkan-puluhan-hilang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke