Salin Artikel

Cuaca Ekstrem, Puluhan Perahu Nelayan di Semarang Hanyut dan Jembatan Putus

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebanyak 24 perahu nelayan di wilayah Mangunharjo dan Mangkang Wetan, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) hanyut karena cuaca ekstrem.

Kepala Dinas Perikanan Kota Semarang, Sih Rianung mengatakan, data perahu nelayan yang rusak sedang dilakukan inventarisasi oleh pemerintah.

"Lima perahu milik nelayan rusak berat, ada mesin kapal yang mengalami kerusakan, bahkan ada dua mesin yang hilang," jelasnya saat dikonfirmasi, Kamis (21/3/2204).

Rianung berkata, pihaknya bakal intens berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Semarang untuk penanganan paska bencana karena banyak yang tidak melaut.

"Apalagi sejumlah nelayan bahkan tidak melaut karena cuaca buruk ditambah mengalami kerusakan perahu dan peralatannya," kata dia.

Untuk itu, selain membutuhkan bantuan alat tangkap ikan, para nelayan juga membutuhkan bantuan sembako.

"Selama ini bantuan hanya berupa nasi bungkus," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, nelayan di Mangkang Wetan juga membutuhkan bantuan pembangunan jembatan darurat karena jembatan yang biasa digunakan warga putus.

"Jembatan ini biasanya digunakan untuk aktivitas nelayan sekaligus untuk sandar perahu," paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/21/192416578/cuaca-ekstrem-puluhan-perahu-nelayan-di-semarang-hanyut-dan-jembatan-putus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke