Salin Artikel

24 Jam Terombang-ambing di Laut, Pengungsi Rohingya Lemas dan Dehidrasi

 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banda Aceh, Al Hussain, mengatakan para pengungsi rohingya tersebut, ditemukan dalam keadaan terapung, pada koordinat 4°14'00"N - 95°48'00"E arah barat laut, lebih kurang 21 nautical miles dari Pelabuhan Jetty Ujong Karang Meulaboh.

"Selanjutnya, KN. SAR Kresna melakukan proses evakuasi dan dibawa ke Pelabuhan Jetty Ujong Karang Meulaboh," Kata Hussain, dalam keterangan, Kamis (21/3/2024).

Jumlah korban yang dievakuasi sebanyak 69 orang terdiri dari 42 orang laki-laki dewasa, 18 orang perempuan dewasa, dan sembilan anak-anak.

"Para pengungsi dalam keadaan lemas dan dehidrasi, karena 24 jam lebih mereka berada di tengah lautan dengan kondisi panas yang terik," sebut Al Hussain.

Pada sambungan telepon kepada Kompas.com, Panglima Laot Aceh Barat Amiruddin mengatakan, untuk sementara para pengungsi Rohingya yang sudah berhasil dievakuasi tersebut akan ditempatkan di Pelabuhan Jetty Ujong Kareung Meulaboh.

"Sementara di sini dulu, untuk selanjutnya masih dikoordinasikan oleh pemerintah daerah, secara kemanusiaan mereka harus diselamatkan dulu" sebut Amiruddin.

Sebelumnya diberitakan satu kapal yang mengangkut pengungsi Rohingya terlihat terbalik di perairan Aceh Barat Rabu (20/3/2024) pagi.

Sebanyak enam pengungsi berhasil diselamatkan nelayan Meulaboh dan kini ditampung sementara di Kantor Camat Samatiga, Meulaboh, Aceh Barat.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/21/162913178/24-jam-terombang-ambing-di-laut-pengungsi-rohingya-lemas-dan-dehidrasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke