Salin Artikel

POM Temukan Makanan Mengandung Formalin dan Pewarna Tekstil di Pasar Manis Purwokerto

Hal itu berdasarkan hasil uji cepat terhadap sejumlah sampel makanan yang dilakukan petugas Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Banyumas di pasar tersebut, Selasa (19/3/2024).

Kepala Loka POM Banyumas Winanto mengatakan, dari 21 sampel makanan yang diperiksa, lima di antaranya mengandung zat berbahaya berupa formalin dan rhodamin B.

"Tiga sampel mengandung formalin yaitu, dua sampel teri nasi dan satu sampel cumi. Kemudian dua sampel mengandung rhodamin yaitu arumanis dan kerupuk," ungkap Winanto di sela kegiatan, Selasa.

Atas temuan itu, petugas meminta pedagang untuk menyisihkan makanan yang mengandung bahan berbahaya. Makanan itu akan dikembalikan kepada produsen atau pemasoknya.

Untuk mengantisipasi peredaran makanan yang mengandung bahan berbahaya, kata Winanto, Loka POM akan memberikan pembinaan terhadap para pedagang.

Sementara itu, Kepala Pasar Manis Purwokerto Suparwoto mengusulkan, pembentukan posko pengamanan pangan di pasar.

"Pedagang inginnya semua laku karena dengan pewarna itu menarik. Kami menyarankan ada posko pengamanan pangan, sehingga bisa mencegah secara preventif," kata Suparwoto.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/19/133315778/pom-temukan-makanan-mengandung-formalin-dan-pewarna-tekstil-di-pasar-manis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke