Salin Artikel

Kru KM Sinar Lema 01 Sempat Hubungi Keluarga Sebelum Hilang Kontak

SORONG, KOMPAS.com - Keluarga korban KM Sinar Lema 01 mendatangi Kantor Basarnas Sorong, Papua Barat Daya, untuk mengetahui perkembangan operasi pencarian terhadap kapal ikan tersebut.

KM Sinar Lema 01 hilang kontak saat berlayar dari Pulau Misool, Kabupaten Raja Ampat, menuju Kota Sorong dengan mengangkut 7 ton ikan pada 13 Maret 2024. Kapal itu diperkirakan tenggelam di perairan Raja Ampat.

Sersan Mayor (Serma) Budi Utomo mengatakan, ia bersama istrinya datang ke kantor Basarnas Sorong untuk memastikan proses pencarian terhadap kru KM Sinar Lema 01.

Budi menjelaskan, keluarganya yang bekerja di KM Sinar Lema 01 atas nama Kahar Lahama (43), asal Makassar. Korban sempat berkomunikasi sebelum berlayar dari Pulau Misool ke Sorong.

"Karena kami dari keluarga itu melihat dari media sosial (medsos) seperti simpang siur ada yang bilang sudah ditemukan dan ada yang bilang belum ditemukan. Ada juga yang bilang sudah ditemukan puing-puingnnya. Jadi saya datang ke sini untuk memastikan hal yang terjadi sebenarnya kondisi terakhir pencarian seperti apa," kata Budi di Kantor Basarnas Sorong, Selasa (19/3/2024).

Budi dan istrinya mengaku sudah menemui kepala Basarnas Sorong dan sudah mendapat informasi langsung bahwa operasi pencarian masih terus dilakukan dan belum menemukan kapal maupun empat orang kru kapal.

"Iya keluarga kami sempat berkominukasi lewat telepon menyampaikan, saya pulang ikut Kapal Sinar Lema. Tetapi 3 jam kemudian telepon lagi katanya mesin kapal ada kendala. Namun pihak keluarga tidak mengetahui kendala kapal mesin mati atau kendala yang lain," ujarnya.

Budi mengungkapkan, setelah berselang lama, pihak keluarga kembali menghubungi korban dan sudah tidak bisa dihubungi lagi.

Pihak keluarga berharap agar ke empat korban ditemukan dalam keadaan selamat.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/19/130349678/kru-km-sinar-lema-01-sempat-hubungi-keluarga-sebelum-hilang-kontak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke