Salin Artikel

Duplikasi Jembatan Kapuas I Pontianak Siap Diresmikan, Telan Anggaran Rp 316 Miliar

PONTIANAK, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal meresmikan duplikasi Jembatan Kapuas I, Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Peresmian tersebut digelar dalam rangkaian kunjungan kerja Jokowi ke sejumlah daerah di Kalbar, mulai Rabu (20/3/2024) hingga Kamis (21/3/2024).

Penjabat Gubernur Kalbar Harisson mengatakan, pembangunan duplikasi jembatan sepanjang 430 meter ini sudah rampung 100 persen, dengan menelan biaya Rp 316 miliar, bersumber APBN dan APBD Kota Pontianak.

“Peresmian jembatan ini merupakan salah satu spot yang menjadi agenda kunjungan kerja Presiden di Kalbar,” kata Harisson kepada wartawan, Senin (18/3/2024).

Harisson menerangkan, jembatan ini diharapkan memperlancar arus lalu lintas warga Kota Pontianak yang dipisahkan Sungai Kapuas.

“Adanya duplikasi jembatan ini diyakini memperlancar arus lalu lintas sehingga kemacetan akibat penumpukan kendaraan dapat teratasi,” ujar Harisson.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Pontianak Ani Sofian mengatakan, peresmian jembatan ini sangat dinantikan masyarakat.

“Harapan saya, setelah diresmikan, jembatan ini segera difungsikan,” kata Ani.

Ani juga berharap jalan penghubung menuju Duplikasi Jembatan Landak bisa segera dibangun sehingga arus lalu lintas semakin lancar.

Oleh sebab itu, Ani meminta dukungan masyarakat sekitar jembatan dan jalan penghubung demi kepentingan bersama.

Apabila pembangunan tersebut berdampak pada aset milik masyarakat, diharapkan masyarakat bersedia melepaskannya untuk mendukung pembangunan jalan penghubung nantinya.

“Saya juga mengimbau masyarakat merawat jembatan dan lingkungan karena jembatan dan lingkungannya adalah milik kita bersama,” ujar Ani.

Sebagaimana diketahui, selama kunjungan di Kalbar, Presiden Jokowi direncanakan meresmikan Bandar Udara Kota Singkawang, meresmikan RSUD Bengkayang, mengecek stok beras di gudang Bulog dan sejumlah agenda lain.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/18/160938778/duplikasi-jembatan-kapuas-i-pontianak-siap-diresmikan-telan-anggaran-rp-316

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke