Salin Artikel

Ini Titik Lokasi "Buffer Zone" di Tol Lampung Selama Arus Mudik 2024

LAMPUNG, KOMPAS.com - Selama periode arus mudik-balik Lebaran 2024, Polda Lampung menyiapkan sejumlah titik "buffer zone" di jalan tol Lampung.

"Buffer zone" ini digunakan untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Lampung Komisaris Besar (Kombes) Umi Fadilah mengatakan, "buffer zone" ini adalah skema penundaan perjalanan kendaraan.

"Untuk wilayah Polda Lampung, buffer zone disiapkan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan yang hendak menyeberang ke Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni," kata Umi di Mapolda Lampung, Senin (18/3/2024).

Setidaknya ada 9 titik "buffer zone" sebagai kantung parkir kendaraan sambil menunggu ketika ada kepadatan di area pelabuhan nanti.

Titik-titik itu yakni lima rest area jalan tol Lampung ruas Terbanggi-Bakauheni (Bakter) di jalur B atau arah menuju Pelabuhan Bakauheni.

Lima titik di jalan tol ini adalah rest area Km 87B, Km 67B, Km 49B, Km 33B, dan Km 20B.

"Selain di jalan tol, buffer zone juga disiapkan di jalan arteri atau jalan non-tol yang berada di Jalinsum (Jalan Lintas Sumatera)," katanya.

Untuk "buffer zone" di Jalinsum ini berada di wilayah Kabupaten Lampung Selatan, yakni Terminal Agribisnis Gayam, Rumah Makan (RM) Gunung Jati, RM Tiga Saudara, dan Kantor Lama Balai Karantina Pertanian.

Dia menambahkan, untuk menghindari terjadinya antrean panjang atau penumpukan kendaraan di area sekitar pelabuhan, akan dilakukan pembatasan pembelian tiket dengan radius larangan.

"Di Pelabuhan Bakauheni radiusnya sejauh 4,24 km dari titik tengah pelabuhan terluar," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/18/145241578/ini-titik-lokasi-buffer-zone-di-tol-lampung-selama-arus-mudik-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke