Salin Artikel

Siswa SD di Kupang Terpaksa Ikut Simulasi Olimpiade Sains di Hutan karena Tak Ada Sinyal

Informasi itu disampaikan Wali Kelas V SDN Manubelon Yunindy Funay.

"Kami di sini sinyal hilang total, kalau listrik, tadi sudah nyala, tapi sinyal belum ada. Susah satu minggu," kata Yunindy kepada Kompas.com, Jumat (15/3/2024) petang.

Dia menjelaskan, hilangnya sinyal bertepatan dengan akan digelarnya olimpiade sains, sehingga para siswa harus mencari sinyal untuk akses internet.

Pencarian sinyal pun tidak mudah karena mereka harus menyusuri hutan dan melintasi sungai. Perjalanan ditempuh sejauh dua kilometer.

Menurutnya, hanya beberapa titik lokasi ditemukannya sinyal dan itu pun hanya di pinggir sungai.

"Kami akhirnya dapat sinyal di dalam hutan dekat pinggir Sungai Taen. Kami mulai simulasi dari kemarin hingga saat ini," kata dia.

Lantaran masalah sinyal, lanjut Yunindy, simulasi seleksi pertama dari tingkat sekolah ke tingkat kota dan kabupaten hingga nasional, terpaksa dibatalkan.

Padahal kata dia, jadwalnya baru selesai pada Sabtu (16/3/2024) mendatang. Meski begitu, jika jaringan pulih maka akan dilanjutkan.

Yunindy berharap, persoalan itu secepatnya diatasi sehingga tidak menghambat aktivitas kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolahnya.

Dia menjelaskan, untuk daerah-daerah terpencil seperti di Amfoang persoalan listrik dan sinyal menjadi kendala utama untuk beraktivitas di sekolah.

"Pekerjaan kami ini membutuhkan kedua media tersebut. Nah kalau terjadi seperti ini pasti akan terhambat. Kalau sekarang di sini listrik padam sinyal juga ikut hilang. Malah kadang listrik sudah menyala tapi sinyal tetap hilang," ungkap dia.

Hingga saat ini, kata Yunindy, kondisi ini menjadi pertanyaan besar bagi dia dan warga lainnya.

"Oleh karena itu besar harapan kami agar pihak pemerintah dan juga pihak-pihak terkait lainnya bisa menanggapi hal tersebut, karena walaupun di tempat terpencil tapi kami sangat membutuhkan sinyal," kata Yunindy. 

https://regional.kompas.com/read/2024/03/15/195535978/siswa-sd-di-kupang-terpaksa-ikut-simulasi-olimpiade-sains-di-hutan-karena

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke