Salin Artikel

Longsor Terjadi di Sendangmulyo Semarang, Satu Mobil Terperosot dan Akses Jalan Terputus

Salah satunya, di RT 010 RW 012, Jalan Bukit Melati Raya, Perumahan Bukit Sendangmulyo, Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Kejadian longsor tersebut mengakibatkan satu unit mobil terperosot dan akses jalan menuju rumah warga terputus.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua RT 010, Agung Kristianto.

Dirinya menyebut, kejadian longsor yang menimpa lingkungan tempat tinggalnya itu terjadi pada Kamis (14/3/2024) pukul 01.30 WIB dini hari.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, tapi mobil ini mulanya terperosot. Tapi, sudah kami evakuasi," ucap Agung, saat ditemui Kompas.com, Jumat (15/3/2024).

Selain mobil dan akses jalan yang terputus, terdapat empat rumah yang terdampak.

Lantaran letak rumah ada di pinggir tebing, sehingga rumah tersebut tampak menggantung.

Agung menyebut, kini sejumlah warga terdampak sudah berhasil dievakuasi.

"Kemarin yang punya mobil, Pak David langsung menginap di rumah saya. Karena punya anak bayi. Tapi, warga yang lain mengungsi ke rumah saudaranya," ucap dia.

Kendati demikian, Agung telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait agar kejadian longsor di Sendangmulyo bisa segera ditangani dan diselesaikan.

"Kemarin kami minta bantuan komunitas Jeep untuk mengangkat mobilnya. Sementara ini kita baru memikirkan masalah akses. Sudah berkoordinasi dengan kelurahan dan dinas terkait agar ditangani segera. Karena ini menyangkut aktivitas warga," ujar Agung.

Sementara itu, salah satu warga setempat, Kamelia, mengaku, selama 20 tahun lebih hodup di Sendangmulyo, kejadian longsor pada hari Kamis dini hari itu merupakan longsor paling parah yang pernah dia saksikan.

"Sejak SMA saya di sini, tapi paling parah baru ini. Karena mungkin Kota Semarang diguyur hujan berhari-hari," tutur Kamelia.

Dirinya menyebut, kawasan Sendangmulyo memang kerap terjadi longsor. Namun dirinya berharap, kejadian ini dapat segera ditangani agar tidak terjadi longsor yang berlanjut.

"Semoga tidak ada kejadian lagi, dan yang cepat dari pihak manapun. Karena longsornya cukup dalam cukup dalam, kalau tidak segera ditindak lanjuti takutnya semakim melebar," pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/15/162013978/longsor-terjadi-di-sendangmulyo-semarang-satu-mobil-terperosot-dan-akses

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke