Salin Artikel

6 Kecamatan di Semarang Terendam Banjir, 158.137 Jiwa Terdampak, 630 Mengungsi

Alhasil 158.137 warga terdampak, sebanyak 630 di antaranya memilih mengungsi dan sisanya masih bertahan di rumahnya masing-masing.

Kondisi itu disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Endro Pundyo Martantono melalui pesan WhatsApp, Jumat (15/3/2024).

"Wilayah terdampak banjir di Kecamatan Genuk, Pedurungan, Gayamsari, Tugu, Semarang Timur, Semrang Utara. Di antaranya 49.192 KK yang terdiri dari 158.137 jiwa terdampak, 630 warga mengngsi," ujar Endro.

Kecamatan Genuk menjadi daerah paling terdampak banjir.

Kelurahan yang terendam yakni Genuksari, Gebangsari, Bangetayu Kulon, Terboyo Kulon, Trimulyo, Penggaron Lor, Terboyo Wetan, Sembungharjo, Karangroto, Kudu, Muktiharjo Lor, Banjardowo, Bangetayu Wetan.

Berikutnya, banjir di Kecamatan Pedurungan juga cukup parah. Yakni terdiri dari Kelurahan Gemah, Tlogomulyo, Pedurungan Tengah, Muktiharjo Kidul, Tlogosari Kulon, Tlogoari Wetan.

Lalu di Kecamatan Gayamsari, kelurahan yang terdampak yakni Kaligawe, Siwalan, Gayamsari. 

Kemudian di Kecamatan Tugu, kelurahan yang terdampak yakni Mangkang Kulon, Mangunharjo, Mengkang Wetan, Tugurejo, Karanganyar.

Selanjutnya di Semarang Timur, kelurahan yang terdampak yakni Kemijen, Mlatibaru, Mlatiharjo, Rejomulyo, Kebonagung, Karangturi.

Lalu di Kecamatan Semarang Utara, kelurahan yang terdampak yakni Panggung Kidul, Dadapsari, Panggung Lor, Bandarharjo, Kuningan, Tanjungmas.

"Paling parah di Genuk, Trimulyo dengan ketinggian banjir satu meter lebih," beber Endro.

Untuk melakukan evakuasi, pihaknya telah menerjunkan lebih dari 300 tim gabungan di sejumlah titik bencana.

Sebagian menggunakan perahu karet dan perahu biasa untuk mengevakuasi warga dari rumah ke pengungsian. 

"Tim gabungan kurang lebih 300-an orang, ada BPBD Kota, BPBD Provinsi, Basarnas, Sarda, unsur TNI Polri, relawan, terus kemudian Dinas Kesehatan Kota (DKK) dan seterusnya masih berkecimpung di lokasi terdampak yang parah," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/15/104327478/6-kecamatan-di-semarang-terendam-banjir-158137-jiwa-terdampak-630-mengungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke