Salin Artikel

Peringatan Cuaca Ekstrem di Jateng Berlanjut hingga 21 Maret 2024, Berikut Daerah yang Terdampak

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Yoga Sambodo mengatakan, prospek cuaca ekstrem itu berlanjut mulai 15-21 Maret 2024. 

"Disebabkan beberapa faktor seperti aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) di wilayah Indonesia dan adanya bibit siklon tropis 91S terpantau di Samudra Hindia dan 93P di Teluk Carpentaria, Australia bagian utara," jelasnya saat dikonfirmasi kompas.com, Jumat (15/3/2024). 

Kondisi tersebut, lanjutnya, dapat memicu meningkatnya potensi hujan sedang hingga lebat dengan durasi cukup lama yang dapat disertai dengan petir dan angin kencang.

"Khususnya pada pagi hingga malam hari di wilayah Jateng untuk beberapa hari ke depan," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi. 

"Potensi bencana seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, sambaran petir dan pohon tumbang," paparnya.

Secara khusus, dia juga mengingatkan kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana hidrometeorologi untuk lebih waspada. 

"Terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi harus lebih waspada," katanya lagi.

Berikut daftar daerah yang diprediksi terjadi cuaca ekstrem mulai 15-21 Maret 2024 mendatang: 

  • 15 Maret 2023

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Kendal, Kebumen, Purworejo, Kota/Kab. Magelang, Kota/Kab. Semarang, Boyolali, Sragen, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Grobogan, Pemalang, Batang, Kota/Kab. Pekalongan, kab./kota Tegal, Brebes, Surakarta, Salatiga, Jepara, Demak, Kudus, Blora, Rembang, Pati, Karimun Jawa, dan sekitarnya.

  • 16 Maret 2023

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Kota/Kab. Magelang, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Grobogan, Pemalang, Batang, Kota/Kab. Pekalongan, kab./kota Tegal, Brebes, Surakarta, Sukoharjo, Jepara, Demak, Kudus, Blora, Rembang, Pati, Karimun Jawa, dan sekitarnya.

  • 17 Maret 2023

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Kab. Magelang, Boyolali, Sragen, Grobogan, Pemalang, Batang, Kota/Kab. Pekalongan, Kendal, kab./kota Tegal, Brebes, Jepara, Demak, Kudus, Blora, Rembang, Pati, Kab. Semarang, Salatiga, Karimun Jawa, dan sekitarnya.

  • 18 Maret 2023

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Wonosobo, Temanggung, Boyolali, Pemalang, Batang, Kab. Pekalongan, Kendal, kab.Tegal, Brebes, Kab. Semarang, Salatiga, dan sekitarnya.

  • 19 Maret 2023

Brebes, Boyolali, Klaten, Karanganyar, dan sekitarnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/15/092513378/peringatan-cuaca-ekstrem-di-jateng-berlanjut-hingga-21-maret-2024-berikut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke