Salin Artikel

Tiga Remaja Curi Uang Rp 4,6 Juta, Pengakuannya untuk Beli Perlengkapan Sekolah

Ketiganya, dilaporkan mencuri uang Rp 4,6 juta, di rumah seorang mahasiswa bernama Zulqifly, di Jalan Pasar Baru RT 005 Nunukan Timur.

‘’Ketiga pelaku yang masih anak anak ini, melakukan aksinya sekitar pukul 04.20 wita. Pelapor menunjukkan rekaman CCTV yang memperlihatkan tiga pelaku tergolong masih anak dibawah umur,’’ujar Kapolsek Nunukan, AKP Muhammad Karyadi, Kamis (14/3/2024).

Dari penelusuran polisi, ketiga pelaku kerap melakukan pencurian. Namun, biasanya, korbannya memilih menyelesaikan perkaranya secara kekeluargaan karenamenimbang usia mereka.

Para pelaku juga mengakui perbuatannya ketika diamankan.

Sebelum beraksi, mereka biasanya akan bersama-sama berkeliling lokasi sepi untuk mencari sasaran pencurian.


Adapun target sasaran, biasanya adalah rumah yang pintunya tidak terkunci atau warung yang menjual hingga pagi.

‘’Kebetulan saat mencuri di tempat pelapor, korban sedang tertidur pulas. Sehingga pelaku memiliki kesempatan melancarkan aksinya. Mereka mengendap endap masuk, mengambil uang korban dan kabur,’’kata Karyadi.

Saat itu, korban melihat tas miliknya yang tadinya disimpan di dalam lemari, sudah tergeletak di lantai. Uang Rp 4,6 juta didalamnya juga telah hilang.

Korban kemudian mengecek CCTV, dan melaporkan kasus kehilangan ke polisi.

Selain mengamankan tiga bocah pelaku pencurian, polisi juga mengamankan barang bukti berupa tas kain warna hitam tempat menyimpan uang, dan tiga pasang pakaian milik para pelaku yang dikenakan saat mencuri.

‘’Dari pengakuan ketiganya, uang hasil kejahatan, digunakan untuk kebutuhan perlengkapan sekolah, dan belanja kebutuhan sehari-hari,’’katanya. Para pelaku, dijerat dengan pasal 363 Ayat (3) Ke-e dan Pasal 363 Ayat (4) ke-e KUH Pidana.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/14/182347978/tiga-remaja-curi-uang-rp-46-juta-pengakuannya-untuk-beli-perlengkapan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke