Salin Artikel

Stasiun Tawang Semarang Lumpuh Total Akibat Banjir, Pelayanan Dialihkan ke Poncol

SEMARANG, KOMPAS.com - Sejumlah calon penumpang kereta api kecewa saat mendapati semua perjalanan kereta dibatalkan Kamis (14/3/2024). Pasalnya stasiun tersebut lumpuh total akibat banjir yang merendam semua area.

Salah satunya Joni Iskandar terpaksa melakukan pengembalian dana usai mendapati tak ada kereta yang beroperasi. Dia mengaku baru mengetahui banjir merendam stasiun usai tiba di lokasi.

"Mau balik ke Jakarta, sampai depan (stasiun) banjir. Pas dicek teranyata kereta lumpuh total. Paya enggak tahu, yang pesen tiket bukan saya, untungnya refund cepat," ujar Joni ditemui di depan loket pemesanan tiket di Stasiun Tawang, Kamis (14/3/2024).

Penumpang lainnya, Sari bersama anak perempuannya mengaku tidak tahu soal adanya pembatalan sejumlah jadwal kereta dan pengalihan pelayanan ke Stasiun Poncol.

Setelah menunggu beberapa waktu, dia menelpon suaminya untuk meminta diantar ke Stasiun Poncol.

"Saya enggak tahu, enggak merasa dapat pemberitahuan dari KAI," ujarnya.

Sementara itu sekelompok mahasiswi Universitas Islam Sultan Agung Semarang (Unissula) juga tiba di Stasiun Tawang untuk mencari tiket kereta.

Mereka kemudian mendapati kondisi stasiun yang terendam banjir, mereka pergi ke Poncol.

"Baru tahu arus banjir besar nutup rel, jadi kereta sementara dibatalkan hari ini, bisanya dari Stasiun Semarang Poncol. Aku nanti ke Poncol jadwalnya sore, udah dapat tiket," kata Shita.

Dihubungi terpisah, Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo menyampaikan bahwa Stasiun Semarang Tawang saat ini tidak melayani naik dan turun penumpang lantaran banjir menghambat jalur kereta api di sana.

"Pelayanan dialihkan ke Stasiun Semarang Poncol, seluruh penumpang sudah mendapat pemberitahuan dari dari KAI center KAI 212 melalui WA atau SMS," kata Franoto.

Untuk diketahui, banjir merendam sejumlah titik lokasi di Kota Semarang usai hujan lebat. Akibatnya beberapa jalur transportasi yang terdampak banjir lumpuh total.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/14/175700078/stasiun-tawang-semarang-lumpuh-total-akibat-banjir-pelayanan-dialihkan-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke