Salin Artikel

Basarnas Revisi Nama Kapal Tenggelam di Selayar dan Jumlah Korban

Sebelumnya, kapal yang tenggelam disebut bernama Dewi Jaya 2. Ternyata kapal yang tenggelam yakni Yuiee Jaya II dengan rute Muara Baru-Jakarta tujuan Lombok.

Begitu pun jumlah penumpang (manifes) yang sebelumnya 37 orang, berubah menjadi 35 orang.

Perubahan data ini disampaikan Kepala Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Makassar, Mexianus Bekabel dalam keterangan persnya, Rabu sore.

Menurut Maxianus, terdapat penambahan data jumlah dari korban kapal Yuiee Jaya II. Sebelumnya, korban selamat diketahui sebanyak 11, orang kini menjadi 12 orang.

"Dari data sebelumnya 11 orang ditemukan selamat, hari ini bertambah satu orang. Yaitu atas nama Amat Subechan, yang ditemukan terdampar di Pulau Desa Jinato pada pukul 11.30 Wita, sehingga total korban selamat hingga hari ini yaitu 12 orang," kata Mexianus.

Mexianus menambahkan, bahwa dari data sebelummya, person on board (POB) adalah 37 orang, namun berdasarkan penelusuran tim sar gabungan data tersebut berubah menjadi 35 orang.

"Dari data hari sebelumnya sejumlah 37 orang, setelah tim rescue mendapatkan manifes penumpang, maka kini terjadi perubahan yaitu 35 orang. Dua orang yang sempat berada di dalam kapal, dinyatakan sudah turun dari kapal dan dipastikan dalam keadaan selamat," tambah Mexianus.

Pencarian korban kapal terbalik Yuiee Jaya II oleh tim sar gabungan dilakukan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) milik Pos Sar Selayar dan juga menggunakan kapal nelayan.

"Untuk pergerakan pencarian hari ini, RIB bergerak menuju ke Pulau Kayuadi dan Pulau Jampea. Fokus ke daerah sana, berdasarkan dari banyaknya penemuan korban selamat," ujar dia.

Mexianus menambahkan, bahwa data korban selamat saat ini sejumlah 12 orang, meninggal dunia 2 orang dan masih dalam pencarian sebanyak 21 orang.

Sebelumnya diketahui kapal penangkap ikan Yuiee Jaya II dengan rute Muara Baru-Jakarta tujuan Lombok dilaporkan terbalik sekitar 52 nautical mile dari Pelabuhan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sabtu (09/03/2024) dini hari.

Berikut data korban selamat:

1. Dian kurniawan/Lakis alamat Magelang

2. Amirrulhak, alamat Kecamatan Wonokerto, Jawa Tengah 

3. M Zaki Muntaha, alamat Pekalongan, Jawa Tengah

4. Waryen, alamat Pekalongan Karanganyar 

5. Tahmid , alamat Pekalongan

6. Amiluddin, alamat Pekalongan

7. Adi Bagus Panuntun, alamat Pekalongan

8. Septo Guntoro, alamat Pekalongan

9. Maulana Dwi Anggoro, alamat Desa Warulor, Kecamatan Wira, Jawa Tengah

10. Sun Hen Lakis

11. Muzakkir Lakis

12. Amat Subechan

Sementara dua orang yang meninggal dunia belum diketahui identitasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/13/184227878/basarnas-revisi-nama-kapal-tenggelam-di-selayar-dan-jumlah-korban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke