Salin Artikel

Tergerus Bengawan Solo, Jalan Ngloram-Gadon di Blora Terputus

Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (12/3/2024) malam sekitar pukul 23.00 WIB, untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh pihak terkait.

Mengetahui adanya peristiwa tersebut, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora melaksanakan koordinasi lintas sektor, untuk melaksanakan pendataan dan pelaporan terkait bencana tanah longsor akibat gerusan sungai Bengawan Solo di sekitar lokasi tersebut.

Operator Pengendalian Operasional (Dalops) TRC BPBD Blora, Agung Tri menjelaskan, kronologis dan dampak longsor terjadi karena dasar sungai tergerus arus sungai Bengawan Solo saat debit tinggi pada 9 dan 10 Maret 2024.

"Kemudian debit turun drastis dan menggerus tebing bengawan dan longsor memutus akses jalan desa serta mengancam pemukiman warga," ucap Agung berdasarkan keterangan tertulisnya, Rabu (13/3/2024).

Berdasarkan pantauan di lokasi, longsor gerusan sungai bengawan solo mengancam pemukiman warga bantaran sungai dan memutus akses jalan tersebut.

Potensi longsor susulan dan pendataan warga terdampak

Adapun rumah warga yang terdampak dan berpotensi longsor susulan yaitu milik Sukiran dengan ancaman kerusakan rumah bagian depan berjarak 2 meter dari bibir longsor, serta rumah milik Supi dengan ancaman kerusakan rumah bagian depan berjarak 2 meter dari bibir longsor.

"Kondisi saat ini tebing sungai bengawan solo longsor dengan panjang 70 meter, lebar 6 meter dan tinggi 10 meter. Akses jalan kabupaten terputus sepanjang 70 meter dan tidak dapat dilalui kendaraan," terang dia.

Sejauh ini, Tim TRC BPBD Blora melaksanakan asesmen dan pendataan warga yang terdampak longsor, serta melaksanakan koordinasi dengan lintas terkait untuk penanganan tindak lanjut.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/13/143620678/tergerus-bengawan-solo-jalan-ngloram-gadon-di-blora-terputus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke