Salin Artikel

Sempat Dievakuasi ke Pulau Kera, 10 Penumpang Kapal Tenggelam di Kupang Dipulangkan

Mereka sempat diselamatkan dan dievakuasi oleh sejumlah nelayan ke Pulau Kera, Kabupaten Kupang, saat kapal yang ditumpangi tenggelam pada Minggu (10/3/2024).

"10 warga Kota Kupang ini telah dievakuasi oleh tim SAR (Search and Rescue) Ditpolairud (Direktorat Polisi Perairan dan Udara) Polda (Kepolisian Daerah) NTT," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda NTT Komisaris Besar Polisi Ariasandy, kepada Kompas.com, Selasa (12/3/2024).

Ariasandy menyebutkan, tim SAR yang dipimpin Inspektur Polisi Satu (Iptu) Djoni Panta, mengevakuasi 10 penumpang yang selamat menggunakan perahu karet ke atas Kapal Patroli 3005. Selanjutnya mereka dibawa kembali ke Pelabuhan Tenau, Kupang.

Menurut Ariasandy, 10 orang ini merupakan penumpang lainnya yang berada di Pulau Kera dan tidak sempat dievakuasi karena cuaca buruk..

"Saat ini seluruh penumpang kapal beserta awak kapal yang berjumlah 36 orang, telah tiba dalam keadaan aman, lengkap. 35 orang dalam keadaan sehat dan satu orang dalam sakit dalam perawatan di RSB Titus Uly Kupang," kata Ariasandy.

Sebelumnya diberitakan, sebuah kapal kayu yang mengangkut 36 orang tenggelam di Perairan Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (10/3/2024).

Semua penumpang dievakuasi dalam keadaan selamat.

Kepala Kantor SAR Kelas A Kupang I Putu Sudayana mengatakan, kapal itu tenggelam di antara Perairan Perikanan Oeba, Kota Kupang dan Perairan Pula Kera, Kabupaten Kupang.

"Para penumpang kapal itu berusia mulai dari 10 hingga 40 tahun," kata Putu kepada sejumlah wartawan di Kupang, Senin (11/3/2024).

Para penumpang itu rencananya akan berwisata ke Pulau Kera, meski cuaca buruk. 

https://regional.kompas.com/read/2024/03/12/102933978/sempat-dievakuasi-ke-pulau-kera-10-penumpang-kapal-tenggelam-di-kupang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke