Salin Artikel

Pesawat Smart Air Hilang Kontak, Sang Pilot Sudah Setahun Terbang di Kaltara

KOMPAS.com - Sebuah pesawat milik Smart Aviation hilang kontak di wilayah Binuang, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), Jumat (8/3/2024).

Pesawat Pilatus dengan nomor registrasi PK-SNE itu dipiloti oleh Kapten M Yusuf (29).

Distrik Manager Smart Aviation Tarakan Nasrul menilai, M Yusuf merupakan sosok berpengalaman. Ia sudah setahun terbang di Kaltara, khususnya di rute Tarakan-Binuang-Malinau.

"Jam terbang pilotnya sendiri di Pilatus cukup sudah lama, di area Kalimantan totalnya 754 jam. Kemudian di Kalimantan Utara sendiri sudah kurang lebih setahun," ujarnya, Sabtu (9/3/2024), dikutip dari Tribun Kaltara.

Pesawat yang hilang kontak tersebut sedang terbang dari Bandara Tarakan menuju Krayan.

"Pagi kemarin sebelum berangkat, kami meminta datanya dan kebetulan cuacanya dalam kondisi bagus," ucapnya.

Nasrul mengatakan, berdasarkan jadwal, pesawat perintis tersebut berangkat dari Tarakan pukul 08.30 Wita dan tiba di Binuang pukul 09.20 Wita.

Kemudian, pesawat akan lanjut menuju Desa Data Dian, Kecamatan Kayan Hilir, Kabupaten Malinau.

"Seharusnya kalau sampai Binuang, selanjutnya menjalankan perintis lagi akan ke wilayah lain ke Malinau, dan lanjut perintis ke Data Dian untuk perintis Malinau," ungkapnya.

Dalam penerbangan tersebut, pilot ditemani seorang engineer bernama Deni S (27). Pesawat itu tengah mengangkut sembako.

Saat ini, pencarian pesawat Smart Air yang hilang kontak terus dilakukan.

"Tim gabungan dengan menggunakan helikopter jenis Bell/412 EPI/HA/5224 dengan Koops Pengamanan Wilayah Perbatasan Darat RI-Malaysia dari TNI AD melakukan pencarian mulai pukul 08.30 Wita," tutur Kepala Bidang (Kabid) Humas Kepolisian Daerah (Polda) Kaltara Kombes Pol Budi Rachmat, Sabtu, dikutip dari Antara.

Pencarian melalui jalur darat melibatkan 20 personel TNI, 20 anggota polres, 10 personel Brimob, 10 anggota BPBD, dan 6 personel SAR.

Ratusan warga perbatasan Indonesia-Malaysia, tepatnya di Kecamatan Krayan, Nunukan, turut membantu pencarian pesawat hilang kontak.

"Ada 150 warga yang menuju lokasi diduga jatuhnya pesawat. Mereka mendaki bukit terjal dari kemarin. Menginap semalam, dan melanjutkan pencarian hari ini," jelas Kepala Desa Binuang Kalvin.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Ahmad Dzulviqor | Editor: Dita Angga Rusiana), Antara

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunKaltara.com dengan judul Pilot Pesawat Hilang Kontak Sering Bolak-balik ke Binuang, Smart Air Layani 15 Rute di Kaltara

https://regional.kompas.com/read/2024/03/09/173044278/pesawat-smart-air-hilang-kontak-sang-pilot-sudah-setahun-terbang-di-kaltara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke