Salin Artikel

Peneliti Itera Lampung Sebut Hilal Awal Ramadhan Diperkirakan Sulit Terlihat

LAMPUNG, KOMPAS.com - Peneliti Observatorium Astronomi Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung memperkirakan hilal awal Ramadhan 2024 akan sulit terlihat.

Kepala Pusat Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL) Moedji Raharto mengatakan, pihaknya akan melakukan pengamatan hilal Ramadhan pada Minggu (10/3/2024) atau bertepatan tanggal 29 Sya’ban 1445 Hijriah.

Pengamatan itu dilakukan dengan teleskop robotik yang hanya 14 unit di dunia, yakni Teleskop OZT-ALTS di Kompleks Stasiun Pengamat Bulan Itera Lampung.

"Teleskop OZT- ALTS dilengkapi refraktor triplet apokromat dengan diameter 152 mm dengan panjang fokus 1.200 mm," katanya melalui keterangan tertulis, Jumat (8/3/2024) sore.

Teleskop ini dilengkapi detektor kamera CCD monokrom berkecepatan tinggi dengan filter inframerah dan kamera CMOS berwarna.

Moedji mengatakan, hilal awal Ramadhan kali ini diperkirakan akan sulit diamati. Karena diprediksi akan berada di bawah kriteria visibilitas hilal.

Dengan menggunakan titik lokasi OZT-ALTS, tim OAIL menghitung bahwa konjungsi toposentrik terjadi pada 10 Maret 2024 pada pukul 17.30 WIB.

Ketika matahari terbenam di Itera Lampung pada pukul 18:15 WIB, bulan akan berada di horizon barat dengan umur bulan 0 jam 45 menit.

“Hilal kali ini akan sangat sulit untuk diamati, dan di bawah kriteria visibilitas hilal Neo MABIMS atau ketinggian bulan 3 derajat, elongasi 6,4 derajat," jelasnya.

Meski begitu, OAIL tetap melakukan pengamatan untuk melakukan konfirmasi apakah hilal dapat dilihat atau tidak.

Moedji mengatakan, dengan ketinggian hilal yang rendah dan di bawah kriteria visibilitas hilal, kemungkinan ada perbedaan awal Ramadhan cukup besar.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/08/224703378/peneliti-itera-lampung-sebut-hilal-awal-ramadhan-diperkirakan-sulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke