Salin Artikel

Pesawat Pilatus Pengangkut Sembako dari Tarakan–Krayan Kaltara Hilang Kontak

TARAKAN, KOMPAS.com – Sebuah pesawat jenis Pilatus yang memuat sembako dari Bandara Tarakan menuju Krayan, Nunukan, Kalimantan Utara, hilang kontak dan dalam pencarian, Jumat (8/3/2024) siang.

"Info lost contact-nya benar, kami belum bisa kasih info, masih nunggu juga kami," ujar Bagian Humas Bandara Juwata Tarakan, Paris, saat dihubungi.

Informasi pesawat hilang kontak dikuatkan dengan adanya sejumlah foto dan video yang dirilis dalam grup WhatsApp resmi Basarnas Tarakan.

Dari sejumlah informasi yang tertulis di grup tersebut, pesawat yang hilang kontak adalah pesawat Smart Aviation.

Informasi yang diperoleh Kompas.com, pesawat type PC 6 (Pilatus Porter) registrasi PK–SNE tersebut diawaki kapten penerbangan M Yusuf, dan memuat 583 kilogram sembako.

Pesawat mulai lepas landas dari Tarakan pukul 08.25 Wita, dan dijadwalkan sampai Bandara Binuang, Krayan, pada pukul 09.25 Wita.

Dalam grup resmi SAR Tarakan, terdapat sejumlah foto dan video rapat untuk memulai pencarian.

Terdapat juga keterangan bahwa Basarnas Tarakan berkoordinasi dengan Airnav, Polri, dan instansi terkait perihal pesawat hilang kontak.

"Basarnas melakukan plotting area diduga terjatuhnya pesawat tersebut," demikian keterangan di bawah foto dan video yang diunggah di grup resmi dimaksud.

Secara terpisah, Camat Krayan, Oktavianus, juga membenarkan bahwa dirinya mendapat informasi adanya pesawat pengangkut sembako untuk warga perbatasan RI–Malaysia di Krayan hilang kontak.

"Baru saya dapat informasi dari Bandara Juata Tarakan. Rute Tarakan-Binuang Kecamatan Krayan Tengah (pesawat yang hilang kontak). Ini sedang menunggu update informasi," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/08/133117878/pesawat-pilatus-pengangkut-sembako-dari-tarakankrayan-kaltara-hilang-kontak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke