Salin Artikel

Banjir dan Longsor Terjang Bone Bolango, Ratusan Warga Terdampak

Para korban ini berasal dari sejumlah desa di tiga kecamatan yakni Kabila, Tilongkabila dan Suwawa Selatan.

Di Kecamatan Suwawa Selatan, tanah longsor menimpa rumah keluarga Yunus Patalangi (40) seorang petani dari Desa Bondawuna. Bagian belakang rumah Yunus ambruk tertimpa material longsor. Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Diperkirakan kerugian mencapai Rp10 juta.

Rumah Yunus ini berada di tepi tebing. Saat hujan deras dalam waktu yang lama, tebing tidak mampu menahan beban dan longsor menimpa bangunan dapur keluarga Yunus pada pukul 14.00 Wita.

“Hingga tadi malam di Desa Poowo Kecamatan Kabila saja jumlah korban mencapai 76 kepala keluarga atau 377 jiwa,” kata Yoan Achril Babyonggo Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bone Bolango, Jumat (8/3/2024).

Yoan mengatakan jumlah korban ini berasal laporan harian Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPDB Kabupaten Bone Bolango.

Sementara itu, di Kecamatan Suwawa Selatan, korban banjir di Desa Bonda Raya ada 65 kepala keluarga atau 304 jiwa yang terdamoak banjir. Lalu di Desa Bondauna 2 kepala keluarga atau 6 jiwa. Kemudian di  Desa Molintogupo 1 kepala keluarga atau 3 jiwa, dan di Desa Libungo 12 kepala keluarga atau 35 jiwa.

Bencana banjir dan tanah longsor yang mendera Kabupaten Bone Bolango ini disebabkan intensitas curah hujan yang tinggi dari pukul 11.30-19.00 Wita. Sehingga beberapa anak sungai meluap.

Dia mengatakan luapan ini juga menyebabkan beberapa tanggul sungai jebol.

“Tindakan penanganan dilakukan Pusdalops BPBD Bone Bolango dan unsur terkait yaitu melakukan pemantauan langsung ke lokasi banjir, dan melakukan pendataan jumlah korban. Serta menyalurkan bantuan logistik berupa makanan siap saji kepada korban banjir,” ujar Yoan.

Pusdalops BPBD juga pemantauan melalui perangkat radio komunikasi. Monitoring dan koordinasi dengan instansi terkait, tom reaksi cepat (TRC), Satgas, Pusdalops-Relawan dan masyarakat.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/08/082744278/banjir-dan-longsor-terjang-bone-bolango-ratusan-warga-terdampak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke