Salin Artikel

5 Stasiun di Daop 5 Purwokerto yang Layani Angkutan Motor Gratis Lebaran 2024, Mana Saja?

Manager Humas Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih mengatakan, angkutan mudik motis akan diberangkatkan pada 2-8 April 2024.

Sedangkan angkutan balik motis dilaksanakan pada 13-19 April 2024.

"DJKA Kemenhub akan mengintegrasikan angkutan motis dengan pelayanan KA PSO (Public Service Obligation) yang akan melayani tiga lintas pelayanan yaitu, lintas utara, tengah dan selatan," kata Feni melalui keterangan tertulis, Selasa (5/3/2024).

Feni mengatakan, ada lima stasiun di Daop 5 yang melayani KA motis, yaitu

Rute kereta api

Feni menjelaskan, KA Lintas Utara rutenya dimulai dari Cilegon-Jakarta Gudang-Cirebon Prujakan-Tegal-Pekalongan-Semarang Tawang.

Kemudian KA Lintas Tengah dengan rute Jakarta Gudang-Cirebon Prujakan-Purwokerto-Kroya-Kutoarjo.

Sedangkan KA Lintas Selatan dengan rute Jakarta Gudang-Kiaracondong-Kroya-Gombong-Kebumen-Lempuyangan-Purwosari-Madiun.

Masyarakat dapat menikmati layanan tarif mudik motis hanya dengan membayar Rp 10.000 sampai Rp 20.000, tergantung tujuannya.

"KAI sebagai BUMN operator perkeretaapian mendukung penuh program motis ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada pemudik yang ingin membawa motornya ke kampung halaman," kata dia.

Menurut Feni, KAI siap turut berperan dalam meningkatkan keselamatan pemudik melalui penyediaan rangkaian kereta api angkutan motis.

"Dengan menggunakan kereta api untuk angkutan penumpang maupun barang, kemacetan di jalan raya dapat dikurangi serta meningkatkan keselamatan para pemudik pada masa angkutan mudik Lebaran 2024 ini," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/05/193604678/5-stasiun-di-daop-5-purwokerto-yang-layani-angkutan-motor-gratis-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke