Salin Artikel

Saat YouTube Jadi Tempat Penyebaran Hoaks Terbanyak di Pemilu 2024...

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Satake Bayu Setianto mengatakan, YouTube menjadi tempat penyebaran hoaks terbanyak Pemilu dengan persentase 44,6 persen.

"Diikuti oleh Facebook 34,4 persen, Tiktok 9,3 persen, Twitter atau X 8 persen, Whatsapp 1,5 persen dan Instagram 1,4 persen," jelasnya saat dikonfirmasi, Senin (4/3/2024). 

Selain Pemilu, konten hoaks yang bermuatan isu-isu lain seperti bencana alam hingga penawaran kredit perbankan, juga banyak ditemui di awal dan akhir tahun. 

"Kita imbau agar masyarakat segera menghapus konten hoaks atau melaporkannya ke polisi atau Kemenkominfo," kata dia. 

Secara tegas, pihaknya juga meminta agar konten-konten hoaks tersebut jangan sampai disebarkan sehingga berpotensi merugikan orang lain.

"Kita harus bersikap kritis," paparnya. 

Selain itu, pihaknya juga meminta agar masyarakat bisa berkonsultasi dengan orang lain terkait beredarnya konten-konten yang mencurigakan di media sosial.

"Ada baiknya bergabung dengan grup-grup diskusi antihoaks sehingga bisa menambah wawasan dan update informasi terkini," tuturnya. 

Pihaknya meminta kepada masyarakat agar dapat menyaring berita sebelum menyebarkannya. Pasalnya, masyarakat dapat dijerat dengan UU ITE jika informasi itu hoaks. 

"Lakukan saring sebelum sharing informasi ke orang lain," imbuh dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/04/172500678/saat-youtube-jadi-tempat-penyebaran-hoaks-terbanyak-di-pemilu-2024-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke