Salin Artikel

Massa Pendukung Caleg Serang Kantor KPU Yahukimo Papua Pagunungan

Aksi protes kemudian berubah menjadi aksi anarkistis dengan melempari batu ke arah pasukan TNI-Polri yang berada di kantor KPU Yahukimo.

“Kejadian bermula ketika salah satu perwakilan partai selesai menyampaikan hasil mediasi dengan pihak KPU Kabupaten Yahukimo kepada massa pendemo,” ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, melalui keterangan tertulis, Senin (4/3/2023).

Benny menjelaskan, aksi massa berawal sekitar pukul 18.16 WIT. Saat itu, massa pendukung caleg melakukan aksi protes terhadap hasil perhitungan suara yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Yahukimo dan meminta untuk pemungutan suara ulang.

Setelah selesai menyampaikan orasi, tiba-tiba massa melakukan penyerangan dengan cara melemparkan batu ke arah personel gabungan TNI-Polri.

“Personel gabungan yang berjaga di pintu masuk langsung melakukan tindakan tegas dengan mengeluarkan tembakan peringatan untuk membubarkan massa,” ungkapnya.

Dari kejadian tersebut, satu ASN bernama Harun Seip (36) mengalami luka robek pada kepala sebelah kanan akibat lemparan batu.

“Korban telah dievakuasi menuju RSUD Dekai untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Yahukimo AKBP Heru Hidayanto mengatakan, sampai saat ini personel gabungan TNI-Polri melakukan pengamanan di kantor KPU Kabupaten Yahukimo guna mencegah aksi lanjutan.

“Saat ini aparat gabungan TNI-Polri masih melakukan pengamanan di kantor KPU Yahukimo dan melaksanakan patroli di seputaran Kota Dekai untuk mencegah adanya serangan susulan dari massa pendemo,” kata Heru. 

https://regional.kompas.com/read/2024/03/04/165813878/massa-pendukung-caleg-serang-kantor-kpu-yahukimo-papua-pagunungan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke