Salin Artikel

Warga 2 Desa di Lembata Kesulitan Air Bersih akibat Abu Vulkanis Ile Lewotolok

"Ada dua desa di Kecamatan Ile Ape Timur yang terdampak abu vulkanik yakni Jontona dan Todanara. Air di dua desa ini tercemar abu vulkanik," ujar Camat Ile Ape Timur, Nikolaus Ola Watun saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (4/3/2024).

Nikolaus mengungkapkan, untuk mendapatkan air bersih warga terpaksa hanya mengandalkan air tangki yang didatangkan dari Kota Lewoleba.

Meski aliran lava dari Gunung Ile Lewotolok mengarah ke dua desa tersebut, namun belum ada instruksi evakuasi bagi warga.

Sebab, lanjutnya, berdasarkan pantauan Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Ile Lewotolok belum ada penambahan jarak luncur aliran lava menuju dua desa itu.

"Untuk sementara (aliran lava) masih terpantau aman, hanya saja kami mengimbau warga tetap waspada," kata dia.

PGA Ile Lewotolok melaporkan, pada periode pengamatan Senin (4/3/2024) pukul 00.00 Wita-06.00 Wita gunung api setinggi 1423 meter dari permukaan laut (mdpl) mengalami 87 kali gempa embusan.

Lima kali gempa tremor nonharmonik, satu kali hybrid, dua kali vulkanik dalam, dan satu kali tektonik jauh.

Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 300-700 meter di atas puncak kawah.

Terdengar gemuruh atau dentuman lemah. Masih teramati aliran lava baru ke arah tenggara dengan jarak luncur 300-600 meter.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/04/101548578/warga-2-desa-di-lembata-kesulitan-air-bersih-akibat-abu-vulkanis-ile

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke