Salin Artikel

Banjir di Brebes Meluas hingga ke Perkotaan, 3 Kelurahan Terendam

BREBES, KOMPAS.com - Intensitas hujan tinggi hingga meluapnya beberapa sungai di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, membuat banjir di sejumlah wilayah meluas, Selasa (27/2/2024).

Meluasnya banjir ke wilayah perkotaan sudah terjadi sejak Selasa dini hari.

Setidaknya ada tiga kelurahan di Brebes yang mulai tergenang banjir, yakni Kelurahan Gandasuli, Limbangan Wetan, dan Limbangan Kulon.

Sementara itu, puluhan desa di tujuh kecamatan yang sejak Senin (26/2/2024) terendam bajir hingga Selasa pagi masih terendam sebagian.

Warga Kelurahan Limbangan Kulon, Waryuni, menyebutkan, banjir yang menggenang di tiga kelurahan tersebut merupakan luapan Sungai Sigeleng.

Meski ketinggian air sudah mencapai paha orang dewasa, warga yang rumahnya terendam masih enggan mengungsi.

"Air mulai masuk ke permukiman pada dini hari tadi. Sampai pagi ini debitnya tambah naik. Ini karena Sungai Sigeleng meluap," kata Waryuni, Selasa.

Hingga saat ini, petugas dan relawan bencana masih melakukan evakuasi korban banjir di titik-titik lain. Pemkab Brebes telah membuka Posko Dapur Umum yang dipusatkan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes.

Sebelumnya diberitakan, setidaknya 7 Kecamatan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Brebes sejak Minggu (25/2/2024) malam hingga Senin (26/2/2024) dini hari.

Ketujuh kecamatan tersebut yakni Kecamatan Larangan, Bantarkawung, Salem, Jatibarang, Wanasari, Brebes, dan Kecamatan Songgom. Banjir salah satunya disebabkan karena luapan air dari Sungai Pemali.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes Nusy Mansur mengatakan, dari tujuh kecamatan, selain terdampak banjir, ada juga yang longsor.

"Data sementara yang kami himpun, total ada tujuh desa yang terdampak banjir dan longsor akibat hujan yang mengguyur semalaman," kata Nusy, Senin (26/2/2024).

https://regional.kompas.com/read/2024/02/27/142157978/banjir-di-brebes-meluas-hingga-ke-perkotaan-3-kelurahan-terendam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke