Salin Artikel

Kapal Tongkang Tanpa Awak di Perairan Lombok Barat Jadi Tontonan Warga

Kasat Reskrim, Polres Lombok Barat AKP M Rayendra Rizqilla Abadi Putra mengatakan, penemuan kapal tidak bertuan itu awalnya ditemukan oleh warga setempat pada Senin (19/2/2023).

Diterangkan Rayendra, saat penemuan kapal yang terdampar di perairan tersebut, masyarakat sempat heboh mempertanyakan asal usul kapal tanpa awak.

“Waktu awal penemuan, masyarakat berbodong-bondong ke tepi pantai melihat kapal tanpa awak itu. Masyarakat merasa penasaran karena ada kapal tanpa awak,” kata Rayendra dikonfirmasi, Senin (26/2/2023).

Rayendra menjelaskan, kapal tongkang tanpa awak itu bernama LLB Sukses 18 dan milik PT Pelayaran Laju Lintas Bahari asal Jakarta.

Adapun rute kapal tersebut dari Pelabuahan Nilam Surabaya menuju Pelabuhan Tanjung Pandan Belitung.

Kapal tersebut diketahui berlayar pada 2 Februari, namun karena cuaca buruk, di tengah perjalanan kapal tongkang terlepas dari tugboat yang menariknya.

“Dalam perjalanan tepatnya di perairan Tuban Timur, Jawa Timur, kapal tersebut dihantam gelombang hingga tali yang menariknya terlepas,” kata Rayendra.

Para kru saat itu sempat mencari kapal tongkang yang terpisah dari tugboat, namun karena cuaca buruk, demi keamanan nakhoda dan para kru memilih untuk menepi ke bibir pantai.

“Sempat mencari kapal tongkang ini, tapi karena cuaca buruk nakhoda memutuskan untuk mencari perlindungan,” kata Rayendra.

Hingga saat ini kapal tersebut telah dilakukan evakuasi dari lokasi terdampar di perairan Pengantap ke Perairan Teluk Gok, Sekotong, Lombok Barat, dan tengah dilakukan pengecekan oleh kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP)

“Saat ini kami sudah melakukan koordinasi dengan KSOP dan melakukan pengecekan,” kata Rayendra.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/26/154621978/kapal-tongkang-tanpa-awak-di-perairan-lombok-barat-jadi-tontonan-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke