Salin Artikel

2 Orang Pelaku Pembakaran 68 Kotak Suara di Bima Positif Narkoba

BIMA, KOMPAS.com - Kepolisian Resor (Polres) Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), membeberkan hasil penyelidikan terkait kasus pembakaran TPS dan 68 kotak suara di Kecamatan Parado.

Dari empat orang yang sudah diamankan, dua orang berinisial AB dan YN terungkap positif mengonsumsi sabu.

"Dari 4 orang itu ada dua yang positif sabu. Jadi selain kita tangani, Tipilu (tindak pidana pemilu) kita juga angkat narkobanya," kata Kapolres Bima, AKBP Eko Sutomo saat dikonfirmasi, Sabtu (24/2/2024).

Dalam kasus pembakaran TPS dan 68 kotak suara tersebut, ada 14 orang terlapor yang telah dilimpahkan berkasnya oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bima.

Dari 14 terlapor baru empat orang yang diamankan di Mapolres Bima, sedangkan untuk 10 orang lainnya masih dalam proses penyelidikan.

Eko mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan apakah AB dan YN sedang dalam pengaruh sabu saat pembakaran TPS dan kotak suara.

Eko mengungkapkan, hanya memiliki sisa waktu delapan hari untuk memastikan status 14 orang terlapor sebagai tersangka atau tidak.

Sisa waktu ini akan dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan terus mengembangkan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, baik anggota KPPS, PTPS dan pihak terkait lainnya di Kecamatan Parado.

Fokus perhatiannya saat ini, lanjut dia, memang lebih pada pengamanan proses pemungutan suara ulang di 34 TPS di Kecamatan Parado.

Meski demikian hal ini tidak menghambat proses hukum terhadap 14 orang terlapor atas kasus dugaan pembakaran TPS dan kotak suara.

"Dalam penyelenggaraan PSU ini kan kita butuh keamanan dulu. Kita banyak konsentrasi tapi penegakan juga berjalan," kata Eko Sutomo.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima melimpahkan berkas 14 orang terlapor dalam kasus pembakaran TPS dan kotak suara di Kecamatan Parado.

Berkas perkara itu dilimpahkan ke penyidik Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bima pada Senin (19/2/2024) siang.

"Berkas perkaranya kita bagi menjadi, satu peristiwa di Desa Parado Wane, kedua di Desa Parado Rato," kata Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima, Taufikurrahman saat dikonfirmasi, Senin.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/24/205538478/2-orang-pelaku-pembakaran-68-kotak-suara-di-bima-positif-narkoba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke